MANAJEMEN FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN MAHASISWA

Authors

  • Suhari Muharam Universitas Islam Jakarta
  • Dian Safitri Aminanti Universitas Islam Jakarta
  • Putri Handayani Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25551

Keywords:

Manajemen, Forum Group Discussion (FGD), Kepemimpinan, Mahasiswa

Abstract

Pengabdian ini memberikan gambaran mendalam tentang manfaat penerapan Manajemen Forum Group Discussion (FGD) Analisis SWOT untuk membantu mahasiswa meningkatkan kualitas kepemimpinan. Analisis SWOT adalah alat strategis untuk mencapai tujuan dan membantu mempersiapkan perencanaan strategis untuk masa yang akan datang. Mahasiswa menyadari pentingnya memahami faktor internal dan eksternal, meminimalisasi kesalahan dan acaman melalui strategi yang terukur dengan memaksimalkan potensi diri. kegiatan ini melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan, yaitu mulai dari memberikan materi ke FGD hingga mempresentasikan hasilnya. Setelah FGD selesai, mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil analisis SWOT mereka di depan forum. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan peserta untuk berbicara di depan umum, tetapi juga memfasilitasi pertukaran ide dan umpan balik konstruktif. Pengabdian pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) Analisis SWOT menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research). Dengan  menggunakan model Kemmis & Taggart, yaitu: Tahap Perencanaan (Planning), Tahap Tindakan (Action), Tahap Pengamatan (Observation), dan Tahap Refleksi (Reflection).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen FGD analisis SWOT dapat membantu mahasiswa memahami dan menguasai kepemimpinan serta dapat membuat perencanaan strategis yang sistematis untuk kedepannya. Penelitian ini menegaskan betapa pentingnya menggabungkan teori dan praktik dalam pembelajaran mahasiswa dan memberikan kontribusi positif terhadap literatur tentang pengembangan pribadi dan kepemimpinan. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan landasan yang solid untuk mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana Manajemen FGD Analisis SWOT dapat diterapkan untuk membangun kepemimpinan mahasiswa di masa mendatang.

References

Aini, Addin Zuhrotul, and Yuliana. 2021. “Penerapan Metode Focus Groub Discussion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn.” Attractive: Innovative Education Journal Vol. 3, No. 3, November: 243-254. doi: http://dx.doi.org/10.51278/aj.v3i3.308.

Amsar, and Hasyim. 2022. “Kepemimpinan Milenial: Sudut Pandang Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Untag Semarang.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Vol. 17, No. 2, Desember: 330-348.

Chaerani, Nurul, Irwan Lesmono Aji, Kornelia Webliana, Hasyyati Shabrina, Fauzan Fahrussiam, Andrie Prasetyo, Musdi, and Dini Lestari. 2023. “Strategi Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Mahasiswa Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus?: Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Mataram).” Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo Vol. 5, No. 2, Mei: 439-449. doi: https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1210.

Hasanah, Enung, Ikhsan Al Ghazy, Fauzia, Sahrul Akbar, and Suyata. 2023. “Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol. 9, No. 1, Januari: 373-381. doi: 10.58258/jime.v9i1.4579.

Maria, Anna. 2020. “Analisa SWOT Sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pembukaan RPL Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru.” Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) Vol. 3, No. 2, September: 1-14. doi: https://doi.org/10.33488/1.jh.2020.2.255.

Muharam, Suhari. 2023. “Efforts to Empower PMII Management at the Islamic University of Jakarta Through Social Skills Training: Social Advocacy Guidance.” Journal of Social Interactions and Humanities Vol. 2, No. 2, Juli: 137-150. doi: 10.55927/jsih.v2i2.3930.

Muharam, Suhari. 2023. “Urgensi Infrastruktur Pendidikan Sebagai Wajah Peradaban Baru Ibu Kota Negara Indonesia Menuju Generasi Emas 2045.” Journal Education Innovation Vol. 1, No. 1, Oktober: 106-113.

Nurhaini, Lies. 2022. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Focus Group Discussion.” Journal of Educational and Language Research Vol. 1, No. 8, Maret: 1097-1102.

Rohiyatun, Baiq, and Menik Aryani. 2020. “Peran Ketua Program Studi Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) Vol. 4, No. 4, November: 441-457. doi: 10.58258/jisip.v4i4.1549.

Sasoko, Deradjat Mahadi, and Imam Mahrudi. 2023. “Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan.” Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif Vol. 22, No. 1, Januari: 8-19.

Suntara, Reza Adriantika. 2021. “Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Di Era Disrupsi.” Jurnal Pengabdian Hukum “Besaoh” Vol. 1, No. 2, November: 98-105. doi: https://doi.org/10.33019/besaoh.v1i02.2933.

Zulkarnain, Rufran, and Ririn Gusti. 2020. “Implementasi Teknik Forum Group Discussion (FGD) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Melalui Mata Kuliah Seminar Proposal Skripsi.” Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol. 3, No. 2, Oktober: 292-299. doi: 10.32832/oborpenmas.v3i2.3613.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Muharam, S. ., Aminanti, D. S. ., & Handayani, P. (2024). MANAJEMEN FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPEMIMPINAN MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1743–1750. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25551