PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK DIADAPTASI PADA MANAJEMEN KELAS BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25550Keywords:
Calon Guru Sekolah Dasar, Manajemen Pendidikan, Media PembelajaranAbstract
Manajemen pendidikan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan efektif, efisien, dan tujuan pembelajaran tercapai. Ada banyak hal yang menjadi faktor yang mempengaruhi suksesnya manajemen pendidikan dalam kelas, salah satunya adalah media pembelajaran. Sejauh ini pelatihan media pembelajaran bagi calon guru masih perlu diberi perhatian khusus agar nantinya mereka mampu menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan, sehingga calon guru sekolah dasar perlu mengusai penggunaan berbagai media pembelajaran untuk dapat mengajar dengan efektif dan efisien. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dosen dan mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar. Calon guru sekolah dasar yang menjadi sasaran pengabdian kepada masyarakat adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Prosedur kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan pelaporan kegiatan. Media pembelajaran yang digunakan pada pelatihan ini ialah Digital Game Based Learning Wordwall. Digital game based learning wordwall menjadi salah satu opsi media pembelajaran yang dapat digunakan guru agar pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik perhatian murid. Media tersebut dapat digunakan dalam mata pelajaran apapun, namun pada kesempatan kali ini menggunakan materi jenis-jenis pekerjaan pada ilmu pengetahuan sosial sebagai contoh awal. Peserta sangat aktif mengikut pelatihan dan memberi respon yang baik terhadap kegiatan.References
Mulyasa, E. (2013). Standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2002). Manajemen berbasis sekolah konsep, strategi dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lu’mu. (2022) Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV A SD Telkom Makassar Melalui Penggunaan Aplikasi Zoom E-Conference Berbantuan Digital Game Based Learning Wordwall. Unismuh Makassar (Tidak diterbitkan)
Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Kencana.
Sudijono. (2010). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyorini. (2009) Manajemen pendidikan islam. Yogyakarta: Teras.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Nawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.