PEMANFAATAN SAMPAH KANTONG PLASTIK MENJADI LIMBAH YANG BERNILAI EKONOMIS PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN SHABRI

Authors

  • Indri Hapsari Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Murini Murini Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nurafiah Aswawi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25549

Keywords:

Remaja Putri Panti Asuhan Shabri, Pelatihan , Sampah Kantong Plastik

Abstract

Pemanfaatan dengan bahan baku utama sampah kantong plastik (kresek) yang berserahkan diwilayah kota Kendari  dapat dilakukan melalui berbagai cara dengan menggunakan teknologi sederhana/tangan dan murah tidak memerlukan modal yang besar namun memiliki nilai ekonomi serta nilai estetika yang tinggi apabila dikreasikan dan dikerjakan secara inovatif. Dengan adanya  sampah kantong plastik (kresek) memotivasi para remaja putri di Panti Asuhan Shabri di Kelurahan Watu-Watu dapat membuka peluang usaha melalui kreatifitas membuat boneka yang bermacam-macam model apabila telah mampu mendapatkan  pengetahuan keterampilan  kerajinan dasar membuat boneka dengan bahan baku mudah didapat dan menghemat biaya produksi.Melalui pelatihan dan metode pendampingan dapat memberikan bekal keterampilan secara efektif kepada mitra (para remaja putri panti Asuhan Shabri) untuk mengolah sampah anorganik, terutama sampah/limbah kantong plastik (kresek) menjadi barang-barang kerajinan yang mempunyai nilai tambah secara ekonomi dan nilai jual selain  membuat produk boneka serta dapat berkreatifitas menciptakan  produk souvenir/pajangan lainnya bernilai seni dan memberi nilai tambah untuk dikomersialkan sehingga menghasilkan pendapatan. Dalam kegiatan pengabdian ini menumbuhkan jiwa kewirausahaan kreatif melalui keterampilan kerajinan mengolah limbah sampah kantong plastik (kresek) kepada para remaja putri di panti asuhan Shabri dan pentingnya memelihara lingkungan disekitar kota Kendari akibat banyaknya penimbunan sampah sekaligus menjadi inspirasi generasi muda untuk menjaga keseimbangan alam  dan kebersihan di wilayah kota Kendari

References

Mustika, D., & Setiyawan, D. (2011). Peluang Bisnis Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Menjadi Aneka Souvenir Hajatan.

Nasrun, Kurniawan, E., & Sari, I. (2016). EBT 03 Pengolahan Kantong Plastik Jenis Kresek Menjadi Bahan Bakar Menggunakan Proses Pirolisis. 1–2.

Purwaningrum, P. (2016). UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK. Journal of Urban and Environmental Technology, 141–147.

Satori, M., Amarani, R., & Shofi, D. (2010). Pendampingan Usaha Masyarakat Dalam Memanfaatkan Sampah Di Desa Manis Lor Kabupaten Kuningan. 150–179.

Soerjani, M., soejani, muhammad Ahmad, R., & Munir, R. (1987). Lingkungan: Sumberdaya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Penerbit UI Press.

Syafitri, C. (2001). Analisis Aspek Sosial Ekonomi Pemanfaatan Limbah Plastik; Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

waste management information. (2004).

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Hapsari, I. ., Murini, M., & Aswawi, N. . (2024). PEMANFAATAN SAMPAH KANTONG PLASTIK MENJADI LIMBAH YANG BERNILAI EKONOMIS PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN SHABRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1734–1738. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25549