PENDAMPINGAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI ANDROID DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MIFTAHUL ULUM TANJUNGPINANG

Authors

  • Sri Zulfida STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Amrul Luthfi STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Widya Fidiana STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Salsabila Rama Husniah STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25524

Keywords:

Penguasaan Mufrodat; Media Android; Pengajaran Bahasa Arab, MTs

Abstract

Bagi seorang pelajar memperbanyak mufrodat/kosa kata bahasa Arab sangatlah penting, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam pendidikan bahasa Arab. Semakin sedikit mufradat yang dimiliki seorang siswa, semakin tipis kesempatannya untuk menguasai konteks kalimat bahasa Arab. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik, diperlukan media dalam proses pembelajaran yang mudah dipahami dan mudah dikuasai oleh siswa. Agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan lebih dinamis, diperlukan alat atau media lain, seperti media audio visual, proyektor cetak, film, permainan dan sebagainya. Peluang untuk lebih mudah menguasai mufradat bahasa Arab semakin besar, jika media pembelajarannya lebih baik. Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Arab ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yaitu metode penelitian yang dilakukan secara partisipatif di kalangan siswa MTs Miftahul Ulum Tanjungpinang. Tim pengabdi akan berusaha memberikan pelatihan dan pendampingan sebagai stimulus dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan mufradat bahasa Arab melalui Media Kartu Bergambar. Adapun hasil dari Tim Pengabdi Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) berhasil meningkatkan kemampuan siswa MTs Miftahul Ulum Kota Tanjungpinang mengenai Penguasaan mufradat bahasa Arab berbasis android di MTs Miftahul Ulum Tanjungpinang.

References

Ali, Jauhar. (2018). Outbound Sebagai Metode Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab yang Menyenangkan. Jurnal Alsinatuna, 1.

Amrina, A., Mudinillah, A., & Sari, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Kelas VIII Kota Baru. Akademisi , 10 (02), 417–424.

Astuti, Widi. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 182-183.

Azizah, HN (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Dinding Kata. Alsuniyat , 1 (1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Bashrah, J., Menyanyi, M., Penguasaan, D., Bahasa, M., Penulis, A., Mustafa, I., Hermawan, A., Penelitian, M., & Bahasa Arab, B. (2021). Afiliasi Penulis Izzudin Mustafa & Acep Hermawan, Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Bandung: Rosda 51 . 01 (November), 51–61.

dkk, JA (2010). Keterampilan Mendengarkan (Andi Mahmudin (ed.); Pertama)

Fajriah, Zahratun. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Kelas 1 MI Nurul Hakim Kedir iLombok Barat, 2015. Jurnal PAUD, 108.

Fatricia, Iqfhayati, & Aziz Syafrudin Syafrawi. (2018). Perbandingan Keefektifan Penggunaan Media As-Shurah Al-Mufradah dan Media As-Shurah Al-Murakhabah dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata. Jurnal El-Ibtikar, 48.

Hasana, Nurrul. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas VII A Pondok Pesantren Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah Ta'mirul Islam Tegalsari Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasna, Siti. (2015). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah, 199.

Islami, Miftakhul Falah. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Tajdidukasi, 114.

Izan, Ahmad. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Jumriana, dkk. (2019). Penerapan Media Kartu Bergambar dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradât) Kelas VII Mts. Bhayangkara Makassar. Jurnal Fakultas Bahasa dan Sastra , 1 (2), 1–12.

Kusyanti, Esty. (2018). Upaya Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII-5 Semester 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Tahun 2015/2016. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 73.

Lutfi, AB, & Afroni, M. (2021). Efektifitas Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab di Kelas VII Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Basra , 1 (2), 51–61

Muna, Wa. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Kesuksesan Offset.

Nur Rokhmatullah. (2017). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Maharah. Studi Bahasa Arab , 8 (2), 103–116. https://doi.org/10.35891/sa.v8i2.1759

Panigoro, MR, & Saputera, ARA (2020). Implementasi Metode Sam'iyah Syafahiyah Bagi Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufradat. `A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab , 9 (2), 164. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.164-178.2020

Rahmah, GK (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Universitas Alazhar Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama , 13 (2), 819–

Sakinah, S. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Permainan Tongkat Bicara di Asrama Ma'had Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare . xvi+115.

Syaikh Al-Gholaayaini, M. (1993). Jamii'udduruusul 'Arobiyyah 2. Dalam Qowaidul Lugho (Vol. 2, Issue Lughotul Arobiyyah, hlm. 22–230).

Triningsih, W. (2012). BAHASA ARAB DARI AL-QURAN. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, Papua Barat, Indonesia Jurusan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, 21. https://osf.io/3xcnb/download/?format pdf

Unsi, Baiq Tuhfatul. (2014). Media Gambar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Tafaqquh, 27.

Utami, RR, Muhafidhoh, S., & Sari, UA (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat). Prosiding International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy FKIP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , 4 , 253–258. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/download/1094/426/ .

Zahratun, F. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini , 9 , 107–126

Zubaidillah, Muh. Haris & Hasan. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Al-Mi'yar, 41.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Zulfida, S. ., Luthfi, A. ., Fidiana, W. ., & Husniah, S. R. . (2024). PENDAMPINGAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI ANDROID DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MIFTAHUL ULUM TANJUNGPINANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1702–1709. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25524