PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMUTUSAN RANTAI VIRUS COVID-19

Authors

  • Nurdeni Nurdeni Universitas Indraprasta PGRI
  • Dian Novita Susanto Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia
  • Ririn Regiana Dwi Satya Universitas Indraprasta PGRI
  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2547

Keywords:

Covid-19, Pemberdayaan Masyarakat, Protokol Kesehatan, Sosialisasi

Abstract

Tingkat penularan Covid-19 yang masih tinggi terutama untuk anak-anak setelah lonjakan covid kedua ini anak-anak banyak terserang Covid-19, oleh karena itu perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan untuk melakukan sosialisasi pada anak-anak untuk menjaga kesehatan di tengah pandemik Covid-19 ini di daerah Sumedang Jawa Barat. Hal ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemberdayaan masyalakat dalam melakukan sosialisasi protokol kesehatan terhadap anak-anak PAUD dimana usia di bawah 5 tahun tersebut masih belum bisa vaksin untuk membentuk herd immunity. Berdasarkan hal tersebut maka tim pengabdian masyarakat yaitu dosen Universitas Indraprasta PGRI beserta mitra yaitu Himpunan Kelompok Tani Indonesia membuat program pemberdayaan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pemutusan rantai Covid-19. Kegiatan yang dilakukan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam penggunaan masker yang tepat, pemberian hand sanitizer dan sabun cuci tangan di PAUD daerah kabupaten sumedang tepatnya di RA As Salam, Dusun Bunisari 02/04, Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pola hidup kebiasaan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini yaitu (1) wawasan dan pengetahuan anak-anak PAUD meningkat tentang disiplin protokol kesehatan Covid-19, (2) Anak- anak PAUD memiliki masker kain sebagai alat pelindung diri untuk mencegah penularan Covid-19, (3) Anak-anak PAUD mengetahui tentang bahaya Covid-19, serta (4) kesadaran anak-anak PAUD meningkat untuk saling mengajak anak-anak lain agar menjaga diri dari penularan Covid-19 terutama untuk anak-anak dibawah 5 tahun. Program ini diharapkan dapat bersifat berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat sehingga masyarakat khususnya anak-anak balita dapat terhindar dari penularan Covid-19.

Author Biographies

Nurdeni Nurdeni, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI

Dian Novita Susanto, Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia

Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia

Ririn Regiana Dwi Satya, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI

Sri Mardiyati, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI

References

Ardiputra, S., Prawira, M. R., Tasbir, M., Permata, S. U., Listiawati, N., & Qadrini, L. (2020). Pembagian Masker dan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Dalam Rangka Mendukung Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pada Masyarakat Desa Pallis Kecamatan Balanipa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 395-400.

Bekti, R. D., Suryowati, K., & Suseno, H. P. (2020). Pemberian Sosialisasi dan Bantuan Pencegahan Covid-19 bagi Warga Malangan Kota Yogyakarta Berdasarkan Analisis Tingkat Pengetahuan. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 99-105.

Caesaron, D., Salma, S. A., Prasetio, M. D., & Rifai, M. H. (2021). Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 melalui Media Poster di Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 221-229.

Farokhah, L., Ubaidillah, Y., & Yulianti, R. A. (2021). Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Khaerani, T. R., Arifin, M. Z., Rahman, A., & Ramadhan, P. E. P. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 Di Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 453-460.

Napitu, U., Corry, C., & Matondang, K. (2021). Sosialisasi Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Di Kelurahan Bah Kapul. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 232-241.

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang pencegahan covid-19 di kalangan siswa sekolah dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 80-83.

Sinaga, L. R. V., Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). Sosialisasi perilaku cuci tangan pakai sabun di desa sawo sebagai-bentuk kepedulian terhadap masyarakat ditengah mewabahnya virus covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 19-28.

Syapitri, H., Siregar, L. M., & Saragih, F. L. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Sosialisasi Dan Pembagian Masker Di Pasar Pringgan Medan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(2), 422-429.

Wiratmo, L. B. (2020). Sosialisasi Pemutusan Rantai Penyebaran Covid-19 Di Kelurahan Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 57-65.

Downloads

Published

2021-11-09

How to Cite

Nurdeni, N., Susanto, D. N., Dwi Satya, R. R., & Mardiyati, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMUTUSAN RANTAI VIRUS COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 714–720. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2547