UPAYA STRATEGI BERSAING UMKM MELALUI INOVASI PRODUK KERUPUK KEMPLANG MENTAH DESA LEMBAK

Authors

  • Annisa Ervinadya Sheirina Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Try Wulandari Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25367

Keywords:

Kerupuk Kemplang , Inovasi , Wirausaha , Strategi

Abstract

Desa Lembak merupakan Desa yang terkenal akan potensi desa berupa kerupuk kemplang . Kerupuk kemplang merupakan camilan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan bahanbahan penyedap seperti udang atau ikan. Kerupuk kemplang terdiri dari beraneka ragam bentuk dan melalui proses pengukusan adonan terlebih dahulu , lalu di keringkan dibawah sinar matahari dan di masak dengan cara di panggang dengan arang di dalam anglo atau di goreng menggunakan minyak sayur . Oleh karena itu , mahasiswa KKN Tematik Universitas Indo Global Mandiri melakukan program kegiatan pengabdian masyarakat berupa inovasi kerupuk kemplang mentah yang terbuat dari ikan sarden , yang dimana kerupuk kemplang mentah ini dapat lebih tahan lama dan lebih mudah di masak oleh konsumen . Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui sosialiasi dan praktek langsung sehingga masyarakat dapat berpatisipasi langsung dalam kegiatan ini , hal ini terlihat dari semangatnya mereka untuk datang di kegiatan pengabdian ini . Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan edukasi terkait inovasi dalam menjalankan usaha dan strategi bersaing dalam menentukan sebuah inovasi . Kegiatan pengabdian ini disambut baik oleh pelaku usaha . Hasil dari kegiatan ini adalah mendapatkan respon yang baik dari masyarkat dan masyarakat lebih memahami mengenai inovasi dalam berbisnis serta pentingnya strategi bersaing dalam berwirausaha . 

References

Lestari, P., Anggraini, L., Ratu, M., & Purnamasari, E. (2022). "Pendampingan Pencatatan Akuntansi Sederhana Pada UMKM Kerupuk dan Kemplang di Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim." Jurnal Selarapng: Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 6(3), halaman 1380.

Purnamasari, E. D. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Klinik Kecantikan di Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 120-131.

Yuliana, N., Sartika, D., & Setiawan, T. (2022). "Pendampingan Penerapan Good Manufacturing Practice pada Industri Kecil Menengah Kerupuk Kemplang Ummy

Nissa, Gedung Tataan– Kabupaten Pesawaran." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TABIKPUN, Volume 3(1), halaman 1-10. doi: 10.23960/jpkmt.v3i1.56

Hamira, H., Robiani, B., & Mukhlis, M. (2019). Analisis Strategi Harga, Strategi Produk, dan

Keuntungan Pada Industri Kerupuk Kemplang di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 17(1), 8-15. doi: 10.29259/jep.v17i1.8917

Maiyanti, S., Setiawan, A., & Affandi, A. (2023). Penyuluhan Desain Packing Produk Dan Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Kerupuk Di Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI. Jurnal Vokasi, 7(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Sheirina, A. E. ., Purnamasari, E. D. ., Anggraini, L. D. ., & Wulandari, T. . (2024). UPAYA STRATEGI BERSAING UMKM MELALUI INOVASI PRODUK KERUPUK KEMPLANG MENTAH DESA LEMBAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1588–1592. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25367