PENDAMPINGAN UMKM “KEMBAR” BERBASIS DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Risma Nurhaini Munte Universitas Simalungun
  • Risnafasya Cahyani Purba Universitas Simalungun
  • Yanti Jesika Nasution3 Nasution Universitas Simalungun
  • Chintya Eris Turnip Universitas Simalungun
  • Junedi Oloan Sinaga Universitas Simalungun
  • Rian Alriadi Universitas Sumatera Utara
  • Ririn Silvana Silalahi Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25360

Keywords:

Digital Marketing, Whatsapp, Instagram, dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah

Abstract

Untuk bertahan diera industri saat ini para pelaku usaha pada sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) diharuskan untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengikuti perkembangan jaman yang pada saat ini sudah menggunakan online dalam semua bidangnya. Dengan mengikuti perkembangan zaman dan penerapan digital marketing maka UMKM dapat mendukung dalam meningkatkan perkembangan ekonomi di Indonesia, khusunya pada daerah pengembangan UMKM tersebut. Digital marketing adalah suatu aktivitas memasarkan produk atau melakukan kegiatan promosi terhadap produk menggunakan sosial media dengan harapan dapat menarik minat konsumen dan calon konsumen. Digital Merketing dapat menggunakan semua jenis platform sosial media. Dengan demikina kegiatan perekonomian pada para pelaku UMKM semakin terbantu dalam promosi dan pemasaran produknya. pendampingan ini fokus pada strategi digital melalui Instagram, Facebook dan Whatsapp. Adapun tujuan dari pendampingan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para pelaku usaha UMKM dalam penggunaan digital marketing untuk mendukung jalannya usaha mereka serta meningkatkan pendapatan dan taraf perekonomian bagi para pelaku UMKM. 

References

Andy Dwi Rianto. (2023, April 28). Penggunaan Sosial Media Tahun 2023.

Hardilawati, W. Laura. (2020). Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. Https://Doi.Org/10.37859/Jae.V10i1.1934

Hernikawati, D., Kominfo, B., Kementerian, J., & Dan Informatika, K. (N.D.). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang The Covid-19 Pandemic Impact For Small And Medium Enterprise (Sme) In Palembang.

Pelaku, P., Di, U., Pematang, D., Yusneni Afrita, K., Nazifa, H., Lubis, M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (N.D.). Penerapan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan.

Wahyono, H. (N.D.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penilaian Hasil Belajar Pada Generasi Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0. Https://Doi.Org/10.21009/Pbe.3-1.23

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Munte, R. N. ., Purba, R. C. ., Nasution, Y. J. N., Turnip, C. E. ., Sinaga, J. O. ., Alriadi, R. ., & Silalahi, R. S. (2024). PENDAMPINGAN UMKM “KEMBAR” BERBASIS DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1986–1990. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25360