PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SDN BANTEYAN 2 KECAMATAN KLAMPIS KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Ria Kristia Fatmasari STKIP PGRI Bangkalan
  • Sakrim Sakrim STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25342

Keywords:

Artikel Ilmiah, Hasil Penelitian, Jurnal Ilmiah

Abstract

Guru dituntut untuk kreatif tidak hanya dalam pembelajaran di kelas tetapi juga dalam hal meneliti dan menulis hasil penelitian maupun analisisnya dalam suatu artikel ilmiah. Setidaknya ada 2 manfaat yang dapat diambil oleh seorang guru saat mereka menulis suatu artikel ilmiah dalam jurnal, yaitu secara akademik guru dapat menularkan hasil penelitian dan analisisnya guna menyumbang kemajuan informasi, khususnya di bidang pendidikan. Kedua, secara profesional bagi guru, mereka akan mendapatkan nilai point yang dapat digunakan untuk meningkatkan karir dan profesionalisme kinerjanya. Permasalahan yang sering kali ditemukan dilapangan yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu belum banyak guru yang memiliki keterampilan cukup untuk menulis artikel ilmiah dan baru sedikit pula yang telah berhasil mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah ber-ISSN atau terakreditasi khususnya di SDN Banteyan 2 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Tujuan kegiatan ini adalah (1) memberikan pelatihan dan mendampingi guru-guru dalam menulis artikel ilmiah secara tepat, dan (2) menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk guru-guru SDN Banteyan 2 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Peserta kegiatan berjumlah 12 orang. Pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk pelatihan. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan satu kali, yang dapat memberikan masukan dan manfaat, diantaranya yaitu: (1) guru-guru mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam menulis artikel ilmiah dan hal-hal yang terkait dengan artikel ilmiah, dan (2) wawasan dan keterampilan guru-guru SD meningkat dalam menulis artikel ilmiah.

References

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidiakn dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Harun. (2001). Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk. (Eds.), Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm. 13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryanto. (2006). Rambu-rambu dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44- 45)

Oemar Hamalik. (2003). Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru

Suryana. (2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah), Universitas Negeri Semarang, 18-19 Mei 2008.

Suyanto. (2007). Makalah disampaikan dalam seminar KTI untuk guru di JATENG (11 Januari 2009).

Suyanto. (2009). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di PPS Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23 Oktober 2009.

Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November. UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Fatmasari, R. K. ., & Sakrim, S. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SDN BANTEYAN 2 KECAMATAN KLAMPIS KABUPATEN BANGKALAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1534–1537. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25342