KAMPANYE EDUKASI GIZI DAN PENGOLAHAN BUNGA TELANG SEBAGAI MINUMAN KESEHATAN DI DESA GEULANGGANG GAMPONG

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Mursyidah Alathief Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Muakhir Syahputra Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Machfud Machfud Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Khalifa Humaira Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Al Iqlima Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25262

Keywords:

Bunga Telang, Edukasi, Gizi, Kesehatan, Masyarakat

Abstract

Terkait dengan beberapa Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun, mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik, mendukung pertanian berkelanjutan, memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi masyarakat, serta berkaitan dengan upaya pemerintah dalam menetapkan kebijakan di bidang gizi untuk perbaikan status gizi masyarakat serta keinganan peneliti untuk menumbuhkan jiwa sosio entrepreuner masyarakat desa. Belakangan ini bunga telang (Clitoria ternatea) semakin populer di Indonesia sebagai bunga yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Minuman bunga telang atau dalam bentuk penganan lain semakin mudah dijumpai di restoran dan café. Bunga telang, segar ataupun kering, kini relatif semakin ramai dipasaran untuk diperjual belikan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi gizi dan cara pengolahan bunga telang sebagai minuman yang berkhasiat untuk Kesehatan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13 Januari 2024 di Desa Geulanggang Gampong Kabupaten Bireuen dengan cara memberikan edukasi gizi dengan metode penyuluhan dan memberikan informasi tentang cara pengolahan bunga telang sebagai minuman kesehatan melalui metode demonstrasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengetahuan masyarakat tentang gizi meningkat dan masyarakat dapat memiliki alternatif usaha minuman dan makanan sehat dari sumber alami sehingga konsumen terbebas dari minuman yang mengandung pewarna kimia berbahaya.

References

Apriani, S., & Pratiwi, F. D. (2021). Aktvitas antioksidan ekstrak bunga telang (clitoria ternatea l.) Menggunakan metode dpph (2,2 dipheny1 1-1 pickrylhydrazyl). Jurnal ilmiah kohesI, 5(3), Article 3.

Nunung Cipta Daini. (2023). Pentingnya Memahami Asupan Gizi Pada Tubuh. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://umj.ac.id/opini-1/pentingnya-memahami-asupan-gizi-pada-tubuh/

Putri, D. U. P., & Baharza, S. N. (2023). Pengaruh Konsumsi Teh Bunga Telang (Clitoria Ternatea) sebagai Alternatif Antioksidan dan Booster Imunitas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(1), Article 1.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Wahyuni, S. ., Alathief, M. ., Syahputra, M. ., Machfud, M., Humaira, K. ., & Iqlima, A. . (2024). KAMPANYE EDUKASI GIZI DAN PENGOLAHAN BUNGA TELANG SEBAGAI MINUMAN KESEHATAN DI DESA GEULANGGANG GAMPONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3369–3374. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25262