PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AER KALUAR SEBAGAI KAWASAN EKOWISATA DI KOTA AMBON

Authors

  • Haryaty Ratanja Dadiara Universitas Terbuka
  • Wildoms Sahusilawane Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25218

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Objek Wisata, Ekowisata, Pokdarwis

Abstract

Pengembangan ekowisata berorientasi pada peningkatan ekonomi masyarakat lokal dan perlu memperhatikan upaya konservasi dalam menjaga sumber daya alam dan sosial budaya masyarakat di daerah. Jika ekowisata dirancang secara berkelanjutan, maka akan berdampak positif bagi sumber daya alam di dan masyarakat. Oleh karena itu, optimalisasi pengetahuan melalui pemberdayaan masyarakat di Dusun Kusu Kusu Sareh, Kota Ambon, diperlukan pengembangan kawasan wisata Aer Kaluar menjadi kawasan ekowisata berkelanjutan. Tujuan pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk mengetahui potensi daya tarik wisata Aer Kaluar dan strategi pengembangan objek wisata Aer Kaluar. Dan untuk mengetahui manfaat kelompok sadar wisata (Pok-Darwis) untuk mengelola lingkungan yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pemberdayaan mayarakat ini adalah wawancara dengan pemerintah setempat dan sosialisasi langsung dengan masyarakat kelompok sadar wisata (Pok-Darwis) Aer Kaluar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata Aer Kaluar memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi kawasan ekowisata yang didukung oleh masyarakat khususnya Pokdarwis untuk mengelola dan melestarikan objek wisata alam ini secara berkelanjutan

References

Henri, H., Ardiawati, S., 2020. Ecotourism Development Of Munjang Mangrove Forest And Conservation Efforts Based On Community Approach. BIOLINK J. Biol. Lingkung. Ind. Kesehat. 7, 106–116.

Henri, H., Lingga, R., Afriyansyah, B., Irwanto, R., 2021. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Taman Wisata Alam Gunung Permisan sebagai Kawasan Ekowisata. Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy. 5.

Nugroho, I., Negara, P.D., Yuniar, H.R., 2018. The Planning And The evelopment Of The Ecotourism And Tourism Village In Indonesia: A Policy Review. J. Socioecon. Dev. 1.

Paramita, I.B.G., 2021. New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 2.

Sari, D.M., Itta, D., Naparin, M., 2022. Pengaruh Ekowisata Terhadap Pendapatan Masyarakat Sekitar Goa Lowo Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru. J. Sylva Sci. 5, 822.

https://bumiratu-pringsewu.desa.id/artikel/2021/10/1/sekilas-tentang-pokdarwis, diakses tanggal 21 Agustus 2023

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Dadiara, H. R. ., & Sahusilawane, W. . (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AER KALUAR SEBAGAI KAWASAN EKOWISATA DI KOTA AMBON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1275–1279. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25218