PENGUATAN LITERASI KEUANGAN DAN SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENGELOLAAN KEUANGAN SISWA

Authors

  • Nur Kur’ani Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Farah Juniati Meutianingrum Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25200

Keywords:

financial literacy, self control

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra ialah literasi keuangan yang dimiliki oleh siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Pontianak masih rendah, kemudian data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan sebanyak 99,16% dari kelompok usia 13-18 tahun sudah mulai mengenal dan terhubung dengan internet sedangkan perilaku self control siswa terhadap pengelolaan keuangan masih belum optimal. Apabila Tingkat literasi keuangan yang rendah pada diri siswa dibiarkan begitu saja maka akan membuat siswa mudah tertipu oleh penyalahgunaan produk-produk keuangan yang beredar dimasyarakat. Solusi yang ditawarkan yaitu mengadakan seminar literasi keuangan dan self control untuk meningkatkan literasi keuangan siswa dan memperkuat self control atas pengelolaan keuangan agar lebih bijaksana dalam menyikapi kemungkinan penipuan atau penyalahgunaan instrument keuangan serta dapat mencegah gaya hidup konsumtif dengan menanamkan kebiasaan untuk menabung dan berinvestasi sedini mungkin. Adapun metode yang digunakan yaitu dengan memberi pre test, pemberian materi pelatihan dan memberi post test. Adapun hasil yang didapat dalam pengabdian ini ialah terjadi peningkatan pengetahuan siswa sebanyak 24 orang dari 48 orang setelah diberikan seminar literasi keuangan dan self control.

References

Komarudin, M. N., Nugraha, Hardjadi, D., & Pasha, R. A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan (Survei Pada Tenaga Pendidik SD Se-Kecamatan Kuningan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 18(1), 159–178.

Laili. (2022). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Perencanaan Keuangan Pribadi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 531–534.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawati. (2017). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Mu’amala, R., & Wahjudi, E. (2021). Peran Literasi Keuangan Dalam Memediasi Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna E-Commerce. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(10), 883. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p06

Putra, A., Handayani, S., & Pambudi, A. (2013). Perilaku pengendalian diri pada perilaku manajemen keuangan personal berdasarkan pada teori planned behavior menggunakan pendekatan partial least square. JP FEB Unsoed, 3(1), 309–314.

Sobaya, S., & Hidayanto, M. F. (2014). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perencanaan Keuangan Pegawai di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 115–128.

Sumiarni, L. (2019). Perilaku Self-Control dalam Mengelola Keuangan Pribadi (Berdasarkan Theory Of Planned Behavior dan Conscientiousness) di STIKes Merangin. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 105. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.69

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Kur’ani, N. ., & Meutianingrum, F. J. . (2024). PENGUATAN LITERASI KEUANGAN DAN SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENGELOLAAN KEUANGAN SISWA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1960–1965. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25200