PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA dan MANAJEMEN PEMASARAN PETANI HIDROPONIK SELADA (LACTUCA SATIVA L)

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Fillia Klarasinta Dwi Fauzi Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25163

Keywords:

Pengembangan Usaha, Petani Selada

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pemberdayaan petani desa Balai Agung Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang agar memiliki produk berdaya guna dan bernilai jual yang tinggi. Pada program pengabdian ini tim melakukan 2 (dua) kegiatan utama yaitu pengembangan usaha melalui pemenuhan modal usaha dan pelatihan pemasaran. Solusi dan metode yang ditawarkan oleh tim pelaksana antara lain 1) memberikan pengetahuan manajemen pengembangan usaha hidroponik, memberikan bantuan modal untuk pembibitan; dan 2) memberikan pendampingan kepada mitra untuk melakukan pengelolaan pemasaran secara online.

References

Ardiansyah, A., & Supriadi, F. (2022). Strategi Pemasaran Secara Online Bagi Ibu PKK Kecamatan Ulak Jaya Kabupaten Sintang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1), 68-76.

Afridhal. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian 1 (3) : 223 ± 233

Andita, Novaria. et.al(2020) Analisis Bauran Promosi Dan Saluran Distribusi Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Target Penjualan Sepeda Motor Honda Pada Dealer Buana Raya Motor Banjarmasin. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/1823/3/artikelnova.pdf

Buchari Alma. (2009). Kewirausahaan. Bandung : Penerbit Alfabeta Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Shinta, Agustina (2011) Manajemen Pemasaran. Malang. UB Press

Fadli, et. Al. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Agribisnis Melalui Pelatihan Kelompok Usaha Hidroponik. Jurnal Agrifo. Vol 5, No 1 (2020)

Kotler, Philip. dan Amstorng, Gary, (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Manurung, Adler Haymans. (2010) Modal untuk Bisnis UKM. Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Munawir. (2014) Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Nugraha.Ardi. (2011) Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendapatan, dan Sikap Kewirausahaan terhadap Pendapatan Usaha Pengusaha Industri. Skripsi. Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negri Yogyakarta.

Putera, Tinton Dwi. (2015). Hidroponik Wick System: Cara Paling Praktis, Pasti Panen. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Roidah, Ida S. (2014). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 1(2): 43-50

Syahputro, Eko Nur (2020) Melejitkan Pemasaran UMKM melalui Media Sosial. Jakarta. Caremedia Communication

Samodro, Galih Seno. (2018). Strategi Pengembangan Usahatani Sayuran Organik Kelompok Tani Cepoko Mulyo Kabupaten Boyolali. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. 33(2), 169-179, 2018 URL http://jurnal.uns.ac.id/carakatani/article/view/22874 DOI: http://dx.doi.org/10.20961/carakatani.v33i2.22874

Selang, Christian A.D. (2013) Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71- 80

Sulaiman. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya pada Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Politeknik Aceh, Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 1.

Supermini, Ni Luh Gede. et.al (2013) Identifikasi Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Bubuk Pada Perusahaan Mutiara. https://media.neliti.com/media/publications/5179-ID- identifikasiefisiensi-saluran-distribusi-pemasaran-kopi-bubuk-pada-perusahaan-m.pdf

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi

Umar, Husain. 2013. Riset pemasaran & perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winardi dan Triyono, Aris. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta.DeePublis

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Ardiansyah, A., & Fauzi, F. K. D. . (2024). PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA dan MANAJEMEN PEMASARAN PETANI HIDROPONIK SELADA (LACTUCA SATIVA L). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3398–3406. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25163