EDUCATION OF SHARIA INVESTMENT INSTRUMENTS AND DIGITAL MARKETING AT PCM CIMANGGIS-TAPOS

Authors

  • Ash Shoffi Hana Fadhilah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nur Chalik Azhar Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Muhammad Tamul Fikri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25127

Keywords:

Edukasi; Instrumen Investasi Shari’ah; Pemasaran Digital

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang investasi syariah dan pemasaran digital kepada warga lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cimanggis-Tapos. Tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknologi Industri dan Informatika akan menyajikan materi dengan pendekatan edukatif yang menarik dan interaktif. Fokus kami adalah memberikan contoh konkret tentang bagaimana pengetahuan yang dipelajari dapat diterapkan dalam situasi nyata. Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara offline dengan Metode pelaksanaan pelatihan, meliputi metode ceramah dilakukan dalam penyampaian materi dan sesi tanya jawab beserta berbagi cerita pengalaman. Upaya utama kami adalah memastikan bahwa para pengurus cabang memiliki kesiapan yang matang dalam mengelola keuangan melalui investasi syariah dan dapat memanfaatkan strategi pemasaran digital secara efektif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini peserta antusian untuk memulai pengelolaan keuangan dan mendalami perbedaan investasi shariah maupun konvensional serta peserta menunjukkan respon positif dari pemilik usaha rumah tangga Hal ini khususnya relevan bagi pengurus dan anggota yang memiliki usaha di rumah atau home industries, di mana kami memberikan dukungan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi personal sekaligus memajukan organisasi dan komunitas secara keseluruhan. Dengan pendekatan ini, diharapkan peserta akan lebih siap dalam mengelola keuangan secara Islami dan menggunakan teknologi digital sebagai alat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik pada tingkat individu maupun dalam lingkungan mereka.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Aguayo Torrez, M. V. (2021). Peningkatan Daya Jual UMKM Melalui Pemasaran Digital Di Desa Botubarani. 921419086.

Arumsari, N. R., Ermawati, N., & Zainuri, M. (2022). Pendampingan Investasi Saham Syariah pada ASN di Lingkungan Satkordikcam Jepara. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 18. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.52321

Aspirandi, R. M., & Oktavian, D. D. (2019). Pelatihan Pasar Modal Syariah Pada Smk Al Hasan Panti Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 66. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2162

Dz., A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal?: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2813

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Nugraheni, P., & Alimin, I. N. (2022). Factors influencing PLS financing: the perspective of Indonesian Islamic banks employees. PSU Research Review, 6(2), 77–89. https://doi.org/10.1108/PRR-07-2020-0022

Nuseir, M. T., El Refae, G. A., Aljumah, A., Alshurideh, M., Urabi, S., & Kurdi, B. Al. (2023). Digital Marketing Strategies and the Impact on Customer Experience: A Systematic Review. Studies in Computational Intelligence, 1056(March), 21–44. https://doi.org/10.1007/978-3-031-12382-5_2

Pengajian, I. (2023). Socialization of Islamic Investment In Supporting The Economy Of Muslim Women ’ S Group. 3(3), 195–200.

Putri, T. M., & Herman, S. (2022). Pengaruh Model Penerimaan Teknologi dan Literasi Keuangan Syariah terhadap Niat Transaksi Zakat , Infak , dan Sedekah ( ZIS ) Berbasis Digital ( Studi Kasus Jabodetabek ). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 186–214.

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala?: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Warsini, S., Masjono, A., & Aminah, I. (2011). Investasi Di Pasar Modal Sesuai Fatwa Mui No . 80 BAGI. 80.

Widiniarsih, D. M., Kusnindar, A. A., & Utami, N. I. (2023). Pelatihan Investasi Syariah Melalui Sekolah Pasar Modal Bagi Generasi Milenial. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 890–897. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2670

Zaharman, Z., Novianti, S., & Arini, A. (2022). Pelatihan Sekolah Pasar Modal Syariah Untuk Berinvestasi Dimasa Pandemi Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 254–258. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.305

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Fadhilah, A. S. H. ., Azhar, N. C. ., & Fikri, M. T. . (2024). EDUCATION OF SHARIA INVESTMENT INSTRUMENTS AND DIGITAL MARKETING AT PCM CIMANGGIS-TAPOS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1150–1155. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25127