PENDAMPINGAN DAN PENGOLAHAN LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KE BEBERAPA MASYARAKAT KABUPATEN SIDOARJO BERBASIS DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25126Keywords:
Pendampingan, Layanan Administrasi KependudukanAbstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo sudah memiliki aplikasi pelayanan secara online yaitu Plavon Sidoarjo. Plavon Sidoarjo adalah aplikasi berbasis Web yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Sidoarjo dalam kepengurusan dokumen kependudukan. Dengan demikian administrasi kependudukan adalah salah satu bentuk pelayanan negara terhadap masyarakatnya. Untuk mewujudkan pelayanan public tersebut maka data kependudukan memegang peranan penting untuk masyarakat itu sendiri. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo dibimbing oleh pembimbing lapang dan pembimbing akademik. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilakukan selama 1 bulan. Sehubungan dengan itu, kami bermaksud memilih kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo sebagai pilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat. Pilihan lokasi tersebut didasari atas pertimbangan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu instansi pemerintah Kabupaten Sidoarjo Sebagai instansi pelaksana dan juga penyelenggara pelayanan publik bagi masyarakat. Pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil merupakan akomodir setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang ada di masyarakat. Beberapa yang dilakukan selama kegiatan pengabdian kepada Masyarakat meliputi Bagian Pelayanan di Kantor Dukcapil Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang yang dilakukan oleh penulis berdurasi 7 jam sehari dan lima hari dalam satu minggu. Kegiatan utama yang ada di bagian pelayanan paling depan sendiri ialah Legalisir, Informasi serta pembuatan kartu tanda penduduk berbasis IKD.References
Nurdin, Ismail. 2019. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik). Penerbit Media Sahabat Cendikia: Surabaya.
Rahmadana, Fitri Dkk. 2020. Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis: Medan.
Selling, Kamaruddin Dkk. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator, dan Implementasinya. Qiara Media: Jawa Timur.
Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan. PT Grasindo: Jakarta.
Siyoto & Sodiq. 2015. Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing: Karanganyar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung : Alfabeta.
Thoha, Miftah. Pembinaan Organisasi : proses diagnosa dan intervensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Ananda Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.