PENGUATAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK MELALUI KEGIATAN TPQ DI DESA CIGUDEG

Authors

  • Nabila Zakiyyatun Nisa STAI Darunnajah Bogor
  • Nova Nurfadhilah STAI Darunnajah Bogor
  • Nova Nurfadhilah STAI Darunnajah Bogor
  • Siti Rahmawati STAI Darunnajah Bogor
  • Ica Pratiwi STAI Darunnajah Bogor
  • Muhammad Mukhlish Nasrulloh STAI Darunnajah Bogor
  • Ahmad Farid STAI Darunnajah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25120

Keywords:

Informal, TPQ, Anak-anak, Pemahaman, Islam

Abstract

Pendidikan informal yang notabene tidak melaksanakan sistem sebagaimana yang diterapkan pada lembaga-lembaga sekolah berpotensi memberikan ruang bagi pengembangan kecerdasan dan minat bakat peserta didik. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan salah satu bentuk pendidikan informal berbasis keagamaan yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Dengan menitikberatkan pada pengajaran membaca Al-Qur’an bagi peserta didik, TPQ juga memperhatikan kebutuhan ilmu-ilmu dasar keislaman peserta didik dengan menambahkan berbagai pelajaran tambahan seperti aqidah, fikih, sejarah Islam dan akhlak. TPQ sebagai pendidikan informal juga memiliki sistem yang lebih fleksibel sehingga dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Pada peserta didik dari golongan usia kanak-kanak (5-13 tahun), TPQ juga menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Beberapa metode yang digunakan dalam TPQ jenis ini adalah BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Iqro’, Qiroati, Ummi, dan lain sebagainya. Semua ini berkontribusi pada penguatan pemahaman keislaman, penguatan karakter serta pengembangan potensi peserta didik. Implementasi pelaksanaan TPQ di Desa Cigudeg ini dilakukan selama pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Bogor. Pelaksanaan TPQ ini selama program pengabdian berjalan dengan baik dan efektif, hal ini dibuktikan dengan antusiasme serta perkembangan pemahaman peserta didik selama dan setelah pelaksanaan kegiatan. Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang menjadi materi ajar selama kegiatan TPQ, serta menunjukkan minat yang kuat untuk mengikuti kegiatan lebih lanjut.

References

Ahmad Farid, M. M. (2023). Penguatan Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9559-9564.

Al-Hafidz, W. (2022). Misi Alquran. Jakarta: AMZAH.

Ariyanti, T. (2016, Maret). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika, 50-58.

Fadlillah, I., & Marwan, I. (2021). PEMBERDAYAAN TPQ MELALUI KEGIATAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR DI TPQ MIFTAHU HUDA DESA BANJARSARI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(2), 74-84. doi:https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1034

Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta. (2022, September 16). Hasil Riset: Angka Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia Tinggi, Sebegini. Diambil kembali dari Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta: https://iiq.ac.id/berita/hasil-riset-angka-buta-aksara-al-quran-di-indonesia-tinggi-sebegini/

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 10-33. doi:https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.331

Khoirunnissa, J. (2023, Maret 10). 72% Muslim RI Buta Aksara Al-Qur'an, Waket MPR: Perbanyak Guru Ngaji. Diambil kembali dari detikNews: https://news.detik.com/berita/d-6610777/72-muslim-ri-buta-aksara-al-quran-waket-mpr-perbanyak-guru-ngaji#:~:text=Data%20Institut%20Ilmu%20Al%20Qur,melek%20huruf%20Al%20Qur'an

Munawaroh, M., & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Jurnal Penelitian, 369-392.

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA - JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL, DAN AGAMA /, 171-186. doi:https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sudiapermana, E. (2009). PENDIDIKAN INFORMAL. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Zaedi, M. (2019). THE IMPORTANCE TO UNDERSTAND THE AL-QUR’AN AND KNOWLEDGE (PENTINGNYA MEMAHAMI AL-QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN). RISALAH, JURNAL PENDIDIKAN DAN STUDI ISLAM, 62-70. doi:https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v5i1.89

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Nisa, N. Z. ., Nurfadhilah, N. ., Nurfadhilah, N. ., Rahmawati, S. ., Pratiwi, I. ., Nasrulloh, M. M. ., & Farid, A. . (2024). PENGUATAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK MELALUI KEGIATAN TPQ DI DESA CIGUDEG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1134–1139. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25120