PENGUATAN DEMOKRASI DAN PEMILU BAGI PEMILIH PEMULA MENJELANG PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024: (STUDI PENGABDIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA GORONTALO)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25097Keywords:
Penguatan Demokrasi; Pemilu 2024; Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama GorontaloAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat demokrasi dan pemahaman pemilu bagi pemilih pemula menjelang Pemilu 2024, khususnya pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan secara offline dengan pendekatan ceramah dan simulasi kepemiluan. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan dua aspek penting. Pertama, dari segi pemahaman mahasiswa terkait pemilihan umum, sebanyak 60% peserta mampu memilih sumber informasi yang kredibel, sementara 40% masih memerlukan peningkatan literasi politik. Kedua, terkait pemahaman bentuk pengawasan partisipatif menjelang Pemilu 2024, sebanyak 20% peserta masih belum mampu mengidentifikasi secara menyeluruh, sedangkan 80% yang terlibat dalam kegiatan ini telah meningkatkan pemahamannya. Secara umum, hasil ini mengindikasikan bahwa kegiatan pengabdian mahasiswa memberikan dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo. Meskipun sebagian peserta memerlukan perhatian lebih dalam meningkatkan literasi politik dan pemahaman pengawasan partisipatif, partisipasi mahasiswa secara signifikan memperbaiki pemahaman sebagian besar peserta. Oleh karena itu, untuk meningkatkan dampak positif dan meratakan pemahaman, disarankan kepada instansi berikutnya, melanjutkan kegiatan pengabdian serupa dengan penekanan pada aspek-aspek yang memerlukan perhatian lebih, seperti pengembangan program literasi politik dan pelatihan mengenai pengawasan partisipatif. Upaya ini diharapkan memastikan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo menjadi agen perubahan yang lebih efektif dalam mendukung proses demokrasi dan pemilihan umum di masa depan.References
Akhyar Anshori, Rudianto, & Jehan Ridho Izharsyah. (2023). Dampak Literasi Politik Dan Pemilu 2024 Bagi Pemilih Pemula Terhadap Pengendalian Informasi Hoax. Jurnal Audiens, 4(1), 86–97. Https://Doi.Org/10.18196/Jas.V4i1.8
Alhadar, S., Mahmud, R., Gobel, L. Van, Sahi, Y., & Mahadi, R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Gula Semut Berbasis Digital Marketing. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 80–86.
Djaafar, L., Mahmud, R., & ... (2023). Siswa Bertanya Pemilu Menjawab: Penguatan Pengawasan Partisipatif Bagi Siswa Di Sma Negeri 11 Gorontalo Utara. Community Development Journal, 4(4), 9166–9172.
Kamuli, S., Latare, S., & Sahi, Y. (2024). Implikasi Konflik Partai Politik Terhadap Paradigma Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024: Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Jimps: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3158–3170. Https://Jim.Usk.Ac.Id/Sejarah
Purnamawati, E. (2020). Perjalanan Demokrasi Di Indonesia. Solusi, 18(2), 251–264. Https://Doi.Org/10.36546/Solusi.V18i2.290
Rosana, E. (2016). Negara Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Tapis, 12(1), 38–53.
Sahi, Y., Jama, S., Hulubangga, A., & Kaaba, A. (2023). Pergulatan Doktrin Politik Nahdlatul Ulama: (Refleksi Masa Kolonial Belanda, Jepang, Era Kemerdekaan, Orde Baru Hingga Pasca Reformasi Di Indonesia). Jp: Jurnal Polahi, 1(1), 1–16.
Shobahah, N. (2019). Piagam Madinah Dan Konsep Demokrasi Modern Islam Masa Klasik. Ahkam, 7(1), 195–2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofyan Alhadar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.