EDUKASI MANAJEMEN DAN PERPAJAKAN KEPADA PELAKU UMKM DI TAMAN SATWA KEBUN BINATANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25083Keywords:
Digital Teknologi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, PajakAbstract
Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya telah mengadakan pengabdian Masyarakat kepada pelaku UMKM khususnya tenant di bidang minum dan makanan di lingkungan Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya di bidang pemasaran, pengelolaan keuangan, dan perpajakan. Hal ini penting mengingat UMKM merupakan kekuatan ekonomi yang harus dibekali dengan pemahaman yang berkaitan erat dengan masalah pemasaran, keuangan dan perpajakan. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada pelaku UMKM agar memiliki pengetahuan yang baik dalam melakukan bisnis usaha. Topik yang diangkat adalah topik yang sedang trending yaitu penggunaan digital tehnologi yang dikaitkan dengan manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan perpajakan. Digital teknologi hadir untuk membantu manusia dengan menghasilkan output secara ringkas, singkat serta cepat. Penggunaan digital teknologi harus disikapi secara bijaksana dalam penggunaannya, karena dibalik sisi positifnya terdapat sisi negatifnya pula. Salah satu sisi gelap penggunaan teknologi adalah pinjaman online illegal yang bertebaran di jagat maya yang membawa kerugian bagi peminjam. Kontribusi penelitian ini pelaku UMKM diharapkan mendapatkan dukungan dari pemerintah dan pengelola setempat melalui pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaan digital teknologi, memperoleh pengetahuan literasi keuangan serta pemahaman terhadap perpajakanReferences
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.
Hendrawan, M., Yunianto, D. R., & Khairy, M. (2024). Implementasi Sistem Informasi Pengumuman Madrasah. Community Development Journal, 5(1), 988–992.
Pan, S., & Zhou, S. (2019). WITHDRAWN: Evaluation research of credit risk on P2P lending based on random forest and visual graph model. Journal of Visual Communication and Image Representation, 102680. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2019.102680
Rinaldi, F., Maarif, S., Thamrin, S., & Supriyadi, A. A. (2022). Role of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Supporting National Defense from Economic Perspective. Journal of Positive School Psychology, 2022(5), 8914–8920. http://journalppw.com
Shi, X., Wu, J., & Hollingsworth, J. (2019). How does P2P lending platform reputation affect lenders’ decision in China? International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1566–1589. https://doi.org/10.1108/IJBM-11-2018-0309
Swisher, V. (2013). Learning agility: The “X” factor in identifying and developing future leaders. Industrial and Commercial Training, 45(3), 139–142. https://doi.org/10.1108/00197851311320540
Wardani, S. I., & Rachmawati, I. (2022). The Role of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) In Promoting SDGs in Blitar. Enrichment: Journal of Management, 12(5).
Widjanarko, W., Wahyu Hidayat, W., Teguh Prasetyo, E., Eprianto, I., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2022). The Effect of Financial Literacy on the Financial Management of MSMEs in Jatinangor District, Sumedang Regency. Enrichment: Journal of Management, 12(5), 3359–3364.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rina Dewi, Sutini Sutini, Sugiarto Sugiarto, Tjandra Wasesa, Diana Zuhroh, Wiratna Wiratna, I Gede Wiyasa, Heri Tony, Bambang Karnain, Achmad Daengs, Harsono Teguh, Fairuz Fanisa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.