PELATIHAN PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN MNEMONIK

Authors

  • Linda Astuti Rangkuti Universitas Al Washliyah Medan
  • Meida Rabia Sihite Universitas Al Washliyah Medan
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Al Washliyah Medan
  • Widia Fransiska Universitas Al Washliyah Medan
  • Sakinah Mawaddah Universitas Al Washliyah Medan
  • Anisa Daniya Putri Universitas Al Washliyah Medan
  • Ramdhan Haffiz Universitas Al Washliyah Medan
  • Afnita Handayani Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25073

Keywords:

Mnemonik, Perbendaharaan Kata, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan hasil dari pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Al Washliyah Medan. Kegiatan ini secara khusus dilakukan di SMP Negeri 4 Kisaran Kelurahan Dadi Mulyo dengan tujuan utama meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa, dengan mengadopsi pendekatan Mnemonik. Mnemonik adalah metode pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip penyandian atau pengkodean guna memfasilitasi siswa dalam mengingat informasi saat belajar. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada siswa untuk meningkatkan perbendaharaan kata bahasa Inggris dengan melibatkan mereka dalam melengkapkan kode-kode yang diberikan. Hasil dari kegiatan ini mencakup peningkatan perbendaharaan kata bahasa Inggris siswa melalui penerapan Mnemonik. Dengan demikian, hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini menggambarkan betapa pentingnya penerapan Mnemonik dalam meningkatkan kemampuan perbendaharaan kata bahasa Inggris siswa, yang pada gilirannya memberikan manfaat signifikan untuk proses pembelajaran bahasa Inggris mereka.

References

Adriana, Elda. (2017). Efektifitas Metode Mnemonik Kata Kunci Dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Akpan, Dr. J., E. Notar, Dr. C., & Beard, Dr. L. (2021). The Impact of Mnemonics as Instructional Tool. Journal of Education and Human Development, 10(3). https://doi.org/10.15640/jehd.v10n3a3

Ardika, Y. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006

Farrokh, P., Vaezi, H., & Ghadimi, H. (2021). Gist Education and Learning Research Journal.

Hadist, Muhammad, K.& Rosdiana, M. (2021). THE IMPLEMENTATION OF ANAGRAM GAME TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT JUNIOR HIGH SCHOOL. In JELLi JOURNAL OF ENGLISH EDUCATION (Vol. 4, Issue 1).

Laing. (2010). An Empirical Test of Mnemonic Devices to Improve Learning in Elementary Accounting. Journal of Education for Business, 5.6, 350.

Purnamasari. (2018). Strategi Pembelajaran Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Siswa. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(2), 152–138.

Rahmawati, Y. Z. (n.d.). STRATEGI MNEMONIC DENGAN MENGGUNAKAN KARTU MAKE A MATCHPADA MATERI TRIGONOMETRI.

Risna Rianti Sari. (2018). Mnemonik Sebagai Alternatif Dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Tarbiyatuna, 3, 39.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Rangkuti, L. A. ., Sihite, M. R. ., Zulkarnain, I. ., Fransiska, W. ., Mawaddah, S. ., Putri, A. D. ., Haffiz, R. ., & Handayani, A. . (2024). PELATIHAN PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN MNEMONIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1094–1097. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25073