PENYUSUNAN BUKU DARS BAHASA ARAB INTERAKTIF DI PONPES ALMUJTAMA AL ISLAMI LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Zulhannan Zulhannan UIN Raden Intan Lampung
  • Guntur Cahaya Kesuma UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Nur Mizan UIN Raden Intan Lampung
  • Uswatun Hasanah UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25064

Keywords:

Bahasa Arab; Pembelajaran Interaktif; Buku Dars

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran sentral dalam agama Islam, khususnya dalam Al-Quran dan kegiatan keagamaan. Pondok Pesantren Al Mujtama' Al Islami Karang Anyar Lampung Selatan, sebagai lembaga pendidikan Islam, menghadapi tantangan dalam pembelajaran bahasa Arab yang sering dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif. Untuk meningkatkan efektivitas dan minat santri, tim PKM mengembangkan buku Dars bahasa Arab interaktif model   Al-Arabiyah   Baina  Yadaik. Ada 5 orang guru yang dibimbing dalam kegiatan ini dengan 3 kali pertemuan. Buku ini dirancang untuk memenuhi standar kualitas dengan empat komponen utama: keterampilan berbicara, penerapan qawaid bahasa Arab, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Dengan dukungan Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Al-Islami, buku ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, memberikan kontribusi positif pada keterampilan mengajar guru, dan menjadi sumber belajar mandiri bagi santri di dalam dan di luar kelas.

References

Al-Fauzan, Abdu al-Rahman Ibn Ibrahim, et.al. (2007). al-Arabiyah Baina Yadaik, Riyad: al-Mamlakah al-Arabiyah al- Su’udiyah, Cet.ke-3.

Abdullah, Abdul Hamid dan Nashir Abdullah al-Ghani. (Tanpa Tahun). Usus I’dad al-Kutub al-Ta’limiyah li Ghairi al-Nathiqina bi al-Arabiyah, Riyad: Dar al-Ghali.

Baso, Sarah Mutia Mutmainnah. (2019). Bahasa Arab Bahasa Al-Qur’an. Artikel https://www.researchgate.net/publication/337730355_BAHASA_ARAB_BAHASA_AL-Qur%27AN

Biha, Nathiqina; Al-Arabiyah Baina Yadaik. (2007). Kitab al-Thalib-1, Riyadh: al-Mamlakah al-Arabiyah al-Su’udiyah, cet.ke-3.

Jauhari, Heri. (2013). Terampil Mengarang, Bandung: Nuansa Cendekia.

Effendy, Ahmad Fu'ad. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode dan Teknik, Malang: Penerbit Misykat, cet.ke-1.

Fachrurrozi, Aziz dan Erta Mahyuddin. (2011). Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional dan Kontemporer, Jakarta: Bania Publishing, , Cet.ke-1.

Fadhil, Muhammad, (2013). Analisis Buku Bahan Ajar Bahasa Arab Kelas 6 MI, Jurnal Dinamika Ilmu Vol. 13. No. I.

Hanifah, Umi. (2014). Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab, At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 3, No. 1.

Hady, Rosli. (2019). Urgensi Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Tata Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur”, Al- Munawwarah: JurnalPendidikan Islam No.1.

Ilyas, Alinis. (2018). Dosen Bahasa Arab Dan Kompetensinya Dalam Mengaktualisasikan Teknik Pembelajaran Interaktif” Jurnal Al Bayan Vol.10, No.1.

Isnendes, Retty, Pengembangan Kemahiran Berbahasa Menulis Karya Sastra Berdasarkan pada Empat Aspek Berbahasa, Jurnal, UPI Education.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Rosdakarya cet. ke-1.

Narsa, I Made. (2022). Panduan Penyusunan Buku Ajar, Modul, Buku Referensi, Buku Monograf, Buku Pengabdian Pada Masyarakat, dan Buku Karya Sastra, Universitas Airlangga.

Prastowo. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Cetakan kedua, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Rukimin dan Koderi. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Prosiding Workshop Nasional, Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. https://www.neliti.com/publications/172221/multimedia-interaktif-dalam-pembelajaran-bahasa-arab

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)", Jakarta: Prenada Media Group, cet.ke-3.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (1997). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Rosdakarya, , cet.ke-1.

Zulhannan (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: Raja Grafindo.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Zulhannan, Z., Kesuma, G. C. ., Mizan , A. N. ., & Hasanah, U. . (2024). PENYUSUNAN BUKU DARS BAHASA ARAB INTERAKTIF DI PONPES ALMUJTAMA AL ISLAMI LAMPUNG SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1071–1078. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25064