PENGETAHUAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) GURU DAN SISWA SMPN 20 PURWOREJO DALAM UPAYA MEMBUDAYAKAN HKI GUNA MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Endang Purwaningsih Universitas YARSI
  • Jarot Tri Bowo Santoso Universitas Negeri Semarang
  • Basrowi Basrowi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25044

Keywords:

Pengetahuan, Guru, Siswa, HKI, SMPN 20 Purworejo, Proses Pembelajaran

Abstract

Tujuan kegiatan ini hendak memberikan tambahan pengetahuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sejak dini kepada para guru dan siswa SMPN 20 Purworejo yang terletak di Pituruh Purworejo, Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: (1) keterbatasan akses informasi hukum terlebih tentang pengetahuan HKI,  (2) kurangnya wawasan pengetahuan hukum guru dan siswa terkait HKI, dan (3) para guru dan siswa belum pernah mendapatkan penyuluhan HKI. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan edukasi, motivasi dan pelatihan serta pendampingan, dengan metode ceramah dan diskusi dilengkapi pre test dan post test. Hasilnya,  terjadi peningkatan signifikan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya implementasi budaya HKI dalam proses pembelajaran dan terkait (1) permasalahan keterbatasan akses informasi hukum khususnya HKI telah ditangani dengan baik melalui penyuluhan dan sosialisasi,  (2) demikian pula kurangnya wawasan pengetahuan HKI para guru dan siswa  telah ditingkatkan,  dan (3) edukasi dilakukan, hasilnya mereka termotivasi untuk berbudaya HKI dengan menerapkannya dalam proses pembelajaran.

References

Purwaningsih, Endang. Et.al (2018). UMKM Aspek Hukum dan Manajemen Pemasaran Produk. Malang: Empatdua.

Apriani, N., & Said, R. W.”Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia”,Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial Vol.03, No. 02. Februari 2022.

Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298-304.

Arifin, Z., Arifin, M., & Wibowo, P. A. (2019). Pendampingan HKI Karya Invensi Guru dan Siswa di SMK Lemuria Kudus. Journal of Dedicators Community, 3(1), 71-81.

Purwaningsih, E., Yusuf, C., & Bakry, M. R. (2019). Peningkatan Pengetahuan Hak Kekayaan Intelektual Guru-Guru Man 3 Jakarta Dalam Menumbuhkan Kesadaran Berkekayaan Intelektual. JURNAL PENGABDIAN AL-IKHLAS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY, 4(2).

Purwaningsih, E., NA, E. R., & Basrowi, B. (2023). PENGETAHUAN DAN MOTIVASI MENDAPATKAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL SISWA DAN GURU SMAN PURWOREJO JAWA TENGAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5353-5359.

Jannah, M. (2023). HKI. Pengembangan Modul Pemetaan Bakat untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Sekolah Dasar di Provinsi Aceh.

Purwaningsih, E., Rachmawati, E., & Islami, I. (2021). Peningkatan Kesadaran Terhadap Hak Cipta Bagi Guru-Guru SMPN 77 Jakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 500-510.

Istikomah, E., Wahyuni, P., & Jupri, A. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Beserta Pengurusan HKI. Community Education Engagement Journal, 4(1), 61-69.

Kurniawan, S. (2021). Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(2), 300-303.

Arief, R., Nugroho, W., & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53-66.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Purwaningsih, E. ., Santoso, J. T. B. ., & Basrowi, B. (2024). PENGETAHUAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) GURU DAN SISWA SMPN 20 PURWOREJO DALAM UPAYA MEMBUDAYAKAN HKI GUNA MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1033–1041. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25044