PENYULUHAN PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING PRANIKAH DI SMA RAUDLATUL ULUM LENTENG SUMENEP

Authors

  • Mafruhah Mafruhah STKIP PGRI Sumenep
  • Khoirul Asiah STKIP PGRI Sumenep
  • Mas’odi Mas’odi STKIP PGRI Sumenep
  • Evi Febriani STKIP PGRI Sumenep
  • Ike Yuli Mestika Dewi STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24866

Keywords:

Bimbingan, Konseling, Pranikah

Abstract

Salah satu tujuan perkawinan adalah untuk mencapai tujuan hidup bahagia, sakinah mawaddah dan warahmah, hal ini merupakan dambaan setiap suami istri, oleh karena itu perlu ditanggapi dengan serius baik secara psikologis, ekonomi bahkan dalam kehidupan sosial. Pembedaan unsur keluarga, tingkat pendidikan, masyarakat, persahabatan, kesenangan, hobi dan pembedaan lainnya dapat menjadi unsur pemicu konflik dalam keluarga. Dari berbagai perbedaan tersebut, masing-masing pasangan mempunyai cara menyikapi yang berbeda-beda, ada pula yang menyikapinya dengan biasa-biasa saja atau bahkan menjadikan ketidaksesuaian tersebut sebagai salah satu bahan konflik perkawinan. Berdasarkan klarifikasi dan keluhan dari pihak pengelola dan dewan guru MA Raudltul Ulum mereka mengklarifikasi Fakta di lapangan yang mana mengidentifikasi beberapa permasalahan yaitu, proses pembelajaran yang belum menyentuh perkembangan psikologis siswa, khususnya terkait terhadap perkembangan psikologis yang meliputi mental dan emosional siswa yang berkaitan dengan kesiapan persiapan menikah. Mereka segera menikah setelah lulus, sehingga menuntut pengelola dan guru untuk memberikan informasi kepada siswanya mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menikah. Kegiatan ini diikuti oleh delegasi siswa SMA dan SMP Raudlatul Ulum, begitu pula dengan organisasi kemahasiswaan, kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan pemaparan materi antara lain: komunikasi berpasangan, komitmen dll, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi terkait pentingnya bimbingan dan konseling pranikah.

References

Ahmad Miftahudin, Efektivitas Bimbingan Konseling Pranikah, Universitas Islam Malang (UNISMA) Malang Jawa Timur TURATSUNAVolume 21 Nomor 1Januari 2019.

Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.

Aini, K., Hidayatillah, Y., AR, M. M., Bahri, S., & Astuti, Y. P. (2023). Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Palongan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 659-669.

Amita Diananda, Psikologi Remaja Dan Permasalahannya, ISTIGHNA, Vol. 1, No 1, Januari 2018

Armadi, A., AR, M. M., Wafa, A. S., Yasir, M., Fattah, M. K., & Fadila, F. (2023). Pengabdian Budidaya Garam Dan Dampak Dari Peluasan Wilayah Tambak Garam Beserta Penanaman Pohon Di Desa Galis Kec. Gili Genting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 147-152.

AR, M. M. (2021). MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK.

AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS STEAM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.

AR, M. M., & BASRI, H. (2018, September). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools.

AR, M. M., & Aini, K. The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 10(1).

AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.

AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.

AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.

AR, M. M., Rohmah, A. A., Sattina, S., Asmauliyah, S. N., Wujdiyani, W., & Warist, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Usia Dini Melalui Program Rumah Ramah Anak Di Desa Aenganyar Pulau Giligenting Sumenep. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 54-66.

AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.

Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Hidaytillah, Y., AR, M. M., Rohmah, A. A., Mahtum, A. R., Badruttamam, B., Mu’in, A. M. I. A., ... & Alifi, W. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kec. Giligenting Kab. Sumenep. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jupemas), 4(2).

Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.

Hidaytillah, Y., AR, M. M., Rohmah, A. A., Mahtum, A. R., Badruttamam, B., Mu’in, A. M. I. A., ... & Alifi, W. (2023). Pemberdayaan Masyarakat untuk Pencegahan Stunting dalam Rangka Membangun Masa Depan Masyarakat Unggul. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 657-661.

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1422-1433.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Marzuqi, Korelasi Antara Bimbingan Konseling Islam Dan Dakwah, Jurnal ADDIN, Vol. 8, No. 2, Agustus 2014

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.

Samsul Alam, Pembinaan Pranikah dalam Peningkatan Pemahaman Keagamaan Calon

Pengantin di KUA Kecamatan Sleman. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Publish vol,4,No 1, 2019

Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.

Shiddiq, A. (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN YAYASAN MENGEMBANGKAN SEKOLAH DASAR NURUL MANNAN DI BANJAR BARAT GAPURA SUMENEP. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 2(2), 232-243.

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Uundang-undang, (UU) Nomor 16 Tahun 2019, https://jdihn.go.id/files/4/2019uu016.pdf

Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Mafruhah, M., Asiah, K. ., Mas’odi, M., Febriani, E. ., & Dewi, I. Y. M. . (2024). PENYULUHAN PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING PRANIKAH DI SMA RAUDLATUL ULUM LENTENG SUMENEP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 854–859. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24866