PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN INOVASI DAN KOMPETISI DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA STAI AL-MUHAJIRIN DAN UNIT USAHA UMKM DI KELURAHAN NAGRI KALER KEBON KOLOT PURWAKARTA

Authors

  • Wiwin Awaliah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Lilis Sakuroh Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Dadang Dadang Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24813

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing Dan Inovasi Serta Kompetisi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan inovasi dan kompetisi melalui pelatihan digital marketing di STAI Al-Muhajirin unit usaha UMKM di Kelurahan Nagri Kaler Purwakarta. Metode pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa luaran yang berpotensi membawa dampak positif kepada masyarakat, terutama dalam konteks inovasi dan kompetisi di era digital. Beberapa hasil dan potensi luaran yang dapat dicapai melalui sosialisasi dan pelatihan Digital Marketing adalah sebagai berikut: peningkatan jumlah usaha baru, peningkatan kualitas usaha, peningkatan daya saing, peningkatan akses pasar dan peningkatan kolaborasi dan konektivitas.

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Anggraini, Oktiva Dan Supriynto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Periklanan Di Era Industri 4.0?. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitaatif Indonesia. 117-126.

Fagih,MA; Lukmn, HM; Ulum, Misbhul; Thoriq H, M; Rozak, Abdul; Aulia M, Ninda; Lailatul B, Fina; Suryaningsih, Sinta; Listia K, Siti; Wulandari, Furita Eka. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelku UMKM di Pedukuhan Ngaseman Melalui Program Kerja Pengenalan Dan Penyuluhn Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pemgabdian Masyarakat. Vol.1, Maret. 425-427.

Kim, H. and Lennon, S. (2001). E-atmosphere, Emotional, Cognitive, and Behavioral Responses.

Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 14 No. 3, pp. 412-38.

Magrath, V dan McCormick, H. (2013). Marketing Design Elements of Mobile Fashion Retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal. Vol. 17 Issue: 1, pp.115-134.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil , Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Riduwan, Iwan Muhammad; Fauzi, Abdurahman; Aisyah, Isah; Susilawati; Sofyan, Iwan. (2019). Penerapan Digitl Marketing Sebagai Peningkatan Pemsaran Pda UMKM Warung ngkringn “WGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI. Vol.2

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Awaliah, W. ., Sakuroh, L. ., & Dadang, D. (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN INOVASI DAN KOMPETISI DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA STAI AL-MUHAJIRIN DAN UNIT USAHA UMKM DI KELURAHAN NAGRI KALER KEBON KOLOT PURWAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1564–1567. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24813