PENDAMPINGAN PASTORAL BUDAYA BAGI KOMUNITAS PENENUN DI DESA PANSUR NAPITU KECAMATAN SIATAS BARITA KABUPATEN TAPANULI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24795Keywords:
Pentingnya Pemasaran Berbasis E-Commerce, Pemasaran Berbasis MarketplaceAbstract
Ulos dikenal sebagai ekspresi kasih-sayang, maka dikenal ungkapan mangulosi. Dalam adat Batak, mangulosi (memberikan ulos) melambangkan pemberian kehangatan dan kasih sayang kepada penerima ulos. Proses revitalisasi perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak menghilangkan nilai-nilai yang terkandung dalam kain ulos itu sendiri. Metode pendampingan pastoral budaya bagi komunitas penenun di desa Pansur Napitu adalah pemaparan atau penjelasan materi, diskusi, dan tanya jawab secara tatap muka (on site). Pembicara menyampaikan hal-hal penting seperti: (a) Pentingnya pemasaran berbasis e-commerce (b) Pemasaran berbasis marketplace (c) Mengembangkan keunggulan daya saing bisnis melalui pasar global (d) cara pembuatan zat pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan sekitar. Penyampaian materi didukung oleh tampilan visual berupa slide power point dan alat peraga yang dipersiapkan oleh pembicara. Para peserta aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya. Pembicara juga memberikan kesempatan kepada perwakilan peserta untuk berbagi pengalaman mengenai pembuatan dan penjualan ulos tenun. Kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat bagi mitra. Mitra membagikan manfaat berupa wawasan yang bertambah dan bangkitnya semangat untuk tetap tekun melestarikan tenun ulos.References
Alex Ganda Subrata, & Darwin Damanik. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Rumah Tangga Tenun Ulos Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v1i1.96
Br Sembiring, S., Monita Br Aritonang, K., & Samuel Saputra Simorangkir, V. (2022). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tenun Ulos Pada Toko Kembar Ulos Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 6(1), 120–125.
Desiani, I. F. (2022). Simbol Dalam Kain Ulos Pada Suku Batak Toba. Jurnal Ilmu Budaya, 18(2), 127–137. https://doi.org/10.31849/jib.v18i2.9466
Firmando, H. B. (2021). Kearifan Lokal Tenun Tradisional Ulos Dalam Merajut Harmoni Sosial Di Kawasan Danau Toba. JSDS: Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 1(1), 1–18.
Gultom, J., Siagian, M., Tamba, U. J. R., Bukit, J., & Simorangkir, M. (2017). Ekstrak Daun Salaon (Indigofera tinctoria L) sebagai Pewarna Alami Ulos dalam Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Budaya Batak, 9(2), 6.
Halim, F., Sherly, S., Grace, E., Lie, D., & Sudirman, A. (2021). Analysis of Innovation Strategies To Increase the Competitive Advantages of Ulos Products in Pematangsiantar City. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.34006/jmbi.v10i2.308
Nababan, D., Sitorus, E. G. F., Sihombing, Y. P., Manullang, R., Sihombing, E. D., Purba, D. G., … Simanjuntak, D. (2023). PEMBINAAN KELUARGA KRISTEN?: BE A GOOD PARENT WITH SMART PARENTING Bersama Keluarga GSJA Doloksanggul. Doulos: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–14.
Simanjuntak, B. A. (2011). Pemikiran Tentang Batak: Setelah 150 Tahun Agama Kristen di Sumatera Utara. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Tarigan, I. S., Ariawan, S., & Sigalingging, H. M. (2022). Providensia Allah. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 9(1), 30–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.