PENINGKATAN KECERDASAN SISWA SD NEGERI SAMANG MELALUI KEGIATAN CERDAS CERMAT DI PULAU-PULAU KECIL PERBATASAN KABUPATEN KEPULAUAN ARU

Authors

  • Hediaty La Sitiman Universitas Pattimura Ambon
  • Fridolin V. Borolla Universitas Pattimura Ambon
  • Lony Vera Victory Universitas Pattimura Ambon
  • Sumarah Suryaningrum Universitas Pattimura Ambon
  • Usman Tuna Universitas Pattimura Ambon
  • Melky T. Koedoeboen Universitas Pattimura Ambon
  • Serly A. Lololuan Universitas Pattimura Ambon
  • Serly Wonlele Universitas Pattimura Ambon
  • Antonisu Boger Universitas Pattimura Ambon
  • Abdul R Hatala Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24750

Keywords:

Kecerdasan Lokal, Pengetahuan Lokal, Budaya Lokal, Desa, Anak, Kecerdasan

Abstract

Bagi pelajar di Sekolah Dasar, kecerdasan seharusnya tidak cukup diperoleh melalui pelajaran dan kegiatan di sekolah. Kecerdasan bisa diasah melalui aneka kegiatan luar sekolah, termasuk kegiatan bersama teman dari sekolah lainnya di satu desa yang sama. Kegiatan yang dilakukan juga bisa beragam. Salah satunya adalah dengan cerdas cermat pengetahuan umum desa mereka sendiri. Pengabdian kepada Masyarakat yang diinisiatif oleh dosen pada program studi Pendidikan guru sekolah dasar kabupaten kepulauan aru, ini memprogramkan kegiatan cerdas cemas antara pelajar Sekolah Dasar di SD Negeri Samang Kabupaten Kepulauan Aru. Adapun materi cerdas cermat yang dilombakan adalah pengetahuan umum mengenai situasi dan kondisi desa, pengetahuan IPA dan Matematika, Tujuannya adalah memperdalam pengetahuan dan wawasan pelajar Sekolah Dasar akan pengetahuan dan budaya lokal serta kecintaan kepada desa dan lingkungan sendiri. Kegiatan ini meliputi beberapa tahap yakni: 1 persiapan (konsolidasi aneka stakeholder yang terlibat, pembentukan panitia, penyusunan soal, kunci jawaban dan teknis pelaksanaan lomba, dan sosialisasi pelaksanaan kegiatan); 2) pelaksanaan: perlombaan cerdas cermat; 3) evaluasi. Melalui kegiatan ini, kecerdasan dalam aspek pengetahuan lokal siswa dapat diasah. Di samping itu, terbina kerukunan, kearaban dan persaudaraan antara Siswa. Bagi kampus, luaran lainnya adalah dihasilkannya artikel Pengabdian kepada Masyarakat.

References

Amri, Ulil., dkk. 2021. Analisis Pengelolaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Menciptakan SDM Berkarakter. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 5.

Apriyanti Widiansyah, Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagi Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan, Jurnal Cakrawala, Vol. 18, No. 2, September 2018, 231.

Hadi, I. A. (2017). Pentingnya Pengenalan tentang Perbedaan Individu Anak dalam Belajar. Jurnal Inspirasi, 1(1), 71–92. https://e prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/31.

Khoirina, R., & Akhmad, F. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral Remaja Di Era Globalisasi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2014, 250–255. Http//Seminar.Uad.Ac.Id/Index.Php/Semhasmengajar/Article/View/7116

Nasution, (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11(1) : 9-16

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182–186

Maarif, I. B., Agustina, U. W., Mawarni, O. D. A., & Subiyanto, A. (2022). Penerapan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba Dan Kenakalan Remaja Di Desa Bedahlawak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30-37

Shobirin, M. S., Yuliana, A. I., Hidayatulloh, M. R., Listikawati, M., & Puspaningrum, Y. (2022). Pengenalan Media Pembelajaran Quizizz Bagi Guru SDN 1 Sentul Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 54-58.

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. Https://Doi.Org/10.21043/Thufula.V8i2.8429

Partono, Kudus, F. T. I. (2020) Efektivitas Metode Cerdas Cermat Cepat Dan Tepat (C3t) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1).

Putra, I. A., Rahmawati, R. D., & Rofiq, A. A. (2020). Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Brangkal. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8- 12.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Sitiman, H. L. ., Borolla, F. V. ., Victory, L. V. ., Suryaningrum, S. ., Tuna, U. ., Koedoeboen, M. T. ., Lololuan, S. A. ., Wonlele, S. ., Boger, A. ., & Hatala, A. R. . (2024). PENINGKATAN KECERDASAN SISWA SD NEGERI SAMANG MELALUI KEGIATAN CERDAS CERMAT DI PULAU-PULAU KECIL PERBATASAN KABUPATEN KEPULAUAN ARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 705–709. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24750