PENDAMPINGAN PENULISAN CERITA ANAK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SD MUHAMMADIYAH 5 BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24748Keywords:
Cerita Anak; Kearifan Lokal; Keterampilan MenulisAbstract
Berdasarkan wawancara dengan guru di SD Muhammadiyah 5 Kota Batu, guru di sekolah tersebut belum pernah menulis cerita anak. Sejauh ini, buku-buku yang digunakan untuk literasi di sekolah sebatas buku pegangan siswa dan guru. Selain itu, berdasarkan rapot sekolah, SD Muhammadiyah 5 Kota Batu mendapatkan nilai kuning yang berarti perlu ada peningkatan literasi di sekolah. Sehingga, kegiatan menulis cerita anak sangat penting dilakukan agar referensi di sekolah semakin beragam dan literasi untuk peserta didik semakin meningkat. Tujuan program pengabdian yang nantinya akan memberi dampak diantaranya (a) pembaharuan pengetahuan bagi kepala sekolah dan guru terkait penulisan cerita anak, (b) peningkatan produktifitas guru dalam menulis cerita anak, (c) peningkatan kompetensi guru dalam menulis cerita anak berorientasi kearifan lokal, (d) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, dan teknologi baik di perguruan tinggi maupun sekolah, (e) memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terkait pemanfaatan cerita anak berorientasi kearifan lokal sebagai referensi bahan ajar di sekolah.References
Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi Dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.
Hayati, K., & Amilia, F. (2021). Optimalisasi Keterampilan Menulis Pada Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 163–171. Https://Doi.Org/10.30651/Aks.V5i2.4271
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Kencana.
Nastiti, V. G., & Syah, E. F. (2022). Psikologi Sastra Dalam Cerita Anak Liburan Seru Di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 104–110. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V6i1.43764
Niman, E. M. (2019). Kearifan Lokal Dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106. Https://Doi.Org/10.36928/Jpkm.V11i1.139
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.
Putri, D. R. (2020). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu Pada Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Kelas V Sd. Universitas Muhammadiyah Malang.
Qur’ani, Anggraini, Widodo. (2018). Pembelajaran Menulis Kreatif Dengan Menggunakan Model Sinektik Berbasis Lingkungan Sosial Di Sma Islam Kota Batu. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(2), 51–56. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Lik/Article/View/16922/8867
Sawadi, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Sosial Guru Melalui Workshop Guru Di Sdn-1 Sukajaya Tahun 2018. Anterior Jurnal, 19(1), 97–104. Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V19i1.1172
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. Https://P3i.My.Id/Index.Php/Konsepsi/Article/View/42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hidayah Budi Qur’ani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.