PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Authors

  • Khaidir Fadil Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Siti Nurpajriah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24652

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Kampus mengajar, Sekolah dasar

Abstract

Era pendidikan karakter yang semakin berkembang memang sangat diperlukan dalam kehidupan, khususnya untuk kehidupan kelak. Pendidikan karakter membutuhkan waktu yang lama agar seseorang dapat berkembang menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui cara penguatan profil siswa Pancasila di kalangan siswa sekolah dasar di SDN Lumpang 04 melalui program kampus mengajar. Metode pengabdian yang diterapkan dalam kegiatan kampus mengajar melalui banyak tahapan seperti pemberian informasi di sekolah, survey dan observasi, penunjang manajemen sekolah terutama dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, praktek dan penerapan teknologi bagi guru. Hasil pengabdian melalui kegiatan lembaga pembelajaran yakni penguatan profil Pancasila siswa diwujudkan melalui program lembaga pembelajaran yakni nilai kerjasama, kerjasama antar mahasiswa dan siswa, pembuatan pojok baca di sekolah. dan membersihkan lingkungan sekolah, kemudian menerapkan kebiasaan berdoa dan berdoa sebelum belajar untuk memperkuat nilai ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan pengetahuan membaca, menulis, dan berhitung melalui pembelajaran di kelas memakai model dan media pengajaran yang inovatif sebagai sarana penguatan bernalarr kritis siswa, membiasakan mereka dengan etika sekolah serta menjadi petugas upacara bendera setiap senin sebagai bentuk memperkuat nilai kemandirian dan memfasilitasi akses budaya. Pentas seni dan Kebudayaan daerah sebagai bentuk pengakuan terhadap kebhinekaan global

References

Aspi STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K., & STAI Rakha Amuntai, S. (2022). PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 64–73.

Hamzah, R. A. (2021). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I PROGRAM MERDEKA BELAJAR KEMDIKBUD DI SEKOLAH DASAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Hariyanti, H., Permadi, G. C., Kartasasmita, S., Sari, F. A., Alrafni, A., & Suryanef, S. (2023). KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DAN PENINGKATAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1482. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13721

Irawati, Iqbal, Hasanah, & Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6(1), 1224–1238.

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268

Nurun Alanur, S. S., Amus, S., & Tadulako, U. (2022). PENERAPAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

RAHAYUNINGSIH SMK Negeri, F. (2021). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(Desember).

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

S.Pd., D. U. Q. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3). https://doi.org/10.22146/jkn.71741

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125–133. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.128

Wati, S. R., & Alhudawi, U. (n.d.). PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN PPKn. In Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 12, Issue 1)

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Fadil, K. ., Fahri, M. ., & Nurpajriah, S. . (2024). PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2166–2174. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24652