PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI ERA MERDEKA BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU-GURU MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24593Keywords:
Workshop, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Guru dan dosen wajib menguasai kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kemandirian pribadi. Sebagai pendidik, setiap kompetensi tersebut menjadi kecakapan dan modal dasar dalam berkolaborasi, inovasi dan interaksi di dalam pembelajaran bersama dengan peserta didik. Untuk menumbuhkembangkan salah satu dari komponen tersebut yakni profesionalisme, maka workshop, pembimbingan, pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas (PTK) menjadi sebuah kegiatan wajib untuk guru dan dosen. Konsep workshop dilaksanakan dengan: menyampaikan konsep dasar dan pengertian penelitian tindakan kelas, mengungkapkan karakteristik penelitian tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, menyampaikan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas, melukiskan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas, mencirikan masalah yang dapat teliti dan menyusun draft penelitian tindakan kelas. Workshop penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan teknis: Seminar dan ceramah bervariasi, praktek (pembimbingan, pelatihan dan pendampingan), diskusi dan tanya jawab.References
Achmad, D., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2021). The Influence Of Principals’ Managerial And School Committee Participation On The Quality Of Education At Elementary Schools. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 220–228.
Afrih Lia, N. F., & Sekar Sari, S. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 19–34. Https://Doi.Org/10.21580/Joecce.V1i1.6612
Alam, M., Haque, A. K. M., & Banu, A. (2021). Academic Supervision For Improving Quality Education In Primary Schools Of Bangladesh: Concept, Issues And Implications. Asian Journal Of Education And Social Studies, 14(4), 1–12. Http://Pacificlibrary.Org/Id/Eprint/214
Belliba?, M. ?., Polatcan, M., & K?l?nç, A. Ç. (2022). Linking Instructional Leadership To Teacher Practices: The Mediating Effect Of Shared Practice And Agency In Learning Effectiveness. Educational Management Administration & Leadership, 50(5), 812–831.
Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 8(3), 291–299. Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V8i3.1870
Cao, Y., Postareff, L., Lindblom-Ylänne, S., & Toom, A. (2019). Teacher Educators’ Approaches To Teaching And Connections With Their Perceptions Of The Closeness Of Their Research And Teaching. Teaching And Teacher Education, 85, 125–136. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2019.06.013
Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.01.2.01
Engin, G. (2020). An Examination Of Primary School Students’ Academic Achievements And Motivation In Terms Of Parents’ Attitudes, Teacher Motivation, Teacher Self-Efficacy And Leadership Approach. International Journal Of Progressive Education, 16(1), 257–276. Http://Ijpe.Penpublishing.Net/
Forson, J. A., Ofosu-Dwamena, E., Opoku, R. A., & Adjavon, S. E. (2021). Employee Motivation And Job Performance: A Study Of Basic School Teachers In Ghana. Future Business Journal, 7(1), 30. Https://Doi.Org/10.1186/S43093-021-00077-6
Gordon, S. P. (2019). Educational Supervision: Reflections On Its Past, Present, And Future. Journal Of Educational Supervision, 2(2), 27–52. Https://Digitalcommons.Library.Umaine.Edu/Jes/
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.212019.105
Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Principal’s Management Competencies In Improving The Quality Of Education. Journal Of Social Work And Science Education, 1(2), 181–193. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i2.47
Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar Untuk Masyarakat Pedesaan. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 34–42. Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V7i1.12288
Kurniasari, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Education For Sustainable Development Pada Materi Ekosistem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Smp/Mts. Iain Kudus. Http://Repository.Iainkudus.Ac.Id/Id/Eprint/6323
Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application Of Paikem Gembrot Learning Model To Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164–173.
Maladerita, W., Dahliana, D., Ratih, M., & Rifma, R. (2019). Impelementasi Supervisi Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 198–204. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.39
Napitupulu, F. D., Sitorus, S., & Mita, L. (2022). Penerapan Model Pakem Pada Kursus Bimbingan Belajar Gratis Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Sd Negeri 106447 Durian Kec. Pantai Labu. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–16. Https://Doi.Org/Https://Publisher.Yccm.Or.Id/Index.Php/Cab/Article/View/68
Normianti, H., Aslamiah, A., & Suhaimi, S. (2019). Relationship Of Transformational Leaders Of Principal, Teacher Motivation, Teacher Organization Commitments With Performance Of Primary School Teachers In Labuan Amas Selatan, Indonesia. European Journal Of Education Studies. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46827/Ejes.V0i0.2308
Nur Agus Salim. (2021). Workshop Penerapan Model Pembelajaran Pakem Di Smp Pgri I Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (Jpkpm), 1(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.24903/Jpkpm.V1i1.722
Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence Of School-Based Management And Teacher’s Professionalism Toward Teacher’s Performance. Journal Of Social Work And Science Education, 1(1), 13–23. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i1.6
Saraswati, R. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Digital Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Kelas Xii Sma. Universitas Negeri Jakarta.
Shin, Y., & Hur, W.-M. (2020). Supervisor Incivility And Employee Job Performance: The Mediating Roles Of Job Insecurity And Amotivation. The Journal Of Psychology, 154(1), 38–59. Https://Doi.Org/10.1080/00223980.2019.1645634
Somali, S. G., Parsono, S., & Yudhakusuma, D. (2021). Peranan Komite Sekolah Dalam Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 143–148. Https://Doi.Org/10.36555/Tribhakti.V3i2.1856
Sumardani, S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran Paikem Melalui Penerapan Supervisi Akademik Individual Dengan Pendekatan Non Directif. Journal Of Education And Technology, 1(2), 119–123.
Sumarsono, R. B., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., & Gunawan, I. (2019). Opportunities For The Implementation Of School-Based Management In The Eastern Area Of Indonesia. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(4), 180–196. Http://Www.Ijicc.Net/
Utami, N., & Basir, M. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 68–76. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36706/Jp.V2i1.5536
Wulan, R., Saputra, E., & Ali, N. (2017). Implementasi Sistem Aplikasi Dan Metode Pembelajaran Paikem Gembrot Berjas (Berbasis Jaringan Sosial). String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.30998/String.V2i1.1718
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mungkap Mangapul Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.