PEDIDIKAN LITERASI DAN SENI KREATIF PADA KOMUNITAS RANGKANG PUSTAKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24586Keywords:
Literasi, Read Aloud, MewarnaiAbstract
Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan menuntut setiap peserta didik untuk mempunyai kemampuan baca dan tulis yang baik, sehingga dapat tercapai tujuan agar peserta didik mempunyai pengetahuan yang cukup, kompetitif, dan mengikuti perkembangan zaman. Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Gampong Meunasah Meucat Kabupaten Aceh Utara, dengan mitra kegiatan adalah komunitas baca Rangkang Pustaka dengan jumlah 50 orang peserta. Pelaksanan kegiatan PKM ini berbentuk pelatihan berupa pembelajaran literasi menggunakan metode Read Aloud dan juga kegiatan mewarnai gambar untuk melatih kreatifitas peserta. Metode Read Aloud membantu anak melatih keterampilan menyimak, menambah perbendaharaan kata, bercerita ulang, mengolah infrmasi, dan terjalin interaksi yang baik antara pendengar dengan pencerita. Pada proses kegiatan mewarnai peserta didik berlatih untuk mengembangkan daya imajinasi dalam melakukan perpaduan warna yang sesuai dengan gambar, melatih keterampilan motorik halus peserta didik, kesabaran serta keterampilan mengambil keputusan dalam hal ini terkait dengan penentuan warna. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa pendidikan literasi menggunakan metode Read Aloud untuk meningkatkan keterampilan menyimak peserta dan seni kreatif pada kegiatan mewarnai meninjau aktivitas pembelajaran literasi 90% dan mewarnai 90 % dengan kategori sangat baikReferences
Abdul, R. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/index
Aditama, W. B., Widiani, N., Zohdi, S., & Mukarromah, A. (2022). Implementasi Strategi Active Learning Menggunakan Metode Reading Aloud untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1), 22–28.
Aswita, D., Saputra, S., Yoestara, M., Fazilla, S., Zulfikar, Nurmawati, Putri, Z., Salamia, Iqbal, M., Kurniawan, E. S., & Sarah, S. (2022). Pendidikan Literasi.
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Dasor, Y. W., Mina, H. M., & Sennen, E. (2021). ( the Role of the Teacher in the Literacy Movement in Elementary. Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.
Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Literasi, 4(1), 67–69.
Jannah, M. dkk. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120.
Komalasari, E., & Hasan, N. (2021). Analisis Budaya Literasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Jaya Plus Montessori Tangerang Selatan. PENSA?: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 395–407. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Rahimah, F. Y., Rukayah, & Hadiyah. (2014). Implementasi metode read aloud untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B taman kanak-kanak Nur Rahimah Banjarbaru tahun ajaran 2013/2014. Jurnal FKIP UNS, 2(4), 1–8.
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/1318
Septiana, T. I. & I. . (2020). Berbagai Kegiatan Membaca Untuk Memicu Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Primary:Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 41–54.
Zahro, S. F., Prayogo, B. H., & Sugiarto, M. A. (2023). Implementasi Kegiatan Mewarnai dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 4(2), 42–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmi Novalita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.