PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WONDERSHARE FILMORA di MTs. ASSA’ADAH I BUNGAH

Authors

  • Thoyib Mas’udi Universitas Qomaruddin Gresik
  • Lutfi Hakim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Mustadi Mustadi Universitas Qomaruddin
  • Ida Lutfiyatul Jamilah Universitas Qomaruddin
  • Moh. Syafi’i Universitas Qomaruddin
  • Suparno Suparno Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24573

Keywords:

Media Pembelajaran, Wondershare filmora, Video Pembelajaran

Abstract

Kurikulum Merdeka hadir sebagai kurikulum yang berfokus pada pengembangan kreatifitas siswa dengan memberikan kebebasan dalam pengembangan ide dan kreatifitas. Untuk mengembangkan ide dan kreatifitas tersebut dalam penerapan kurikulum merdeka tentunya berbagai perangkat ajar yang akan disampaikan oleh guru bidang studi perlu untuk dilakukan pengembangan. Bentuk pengembangan pada perangkat ajar tersebut adalah peningkatan kemampun guru bidang studi dalam pembuatan video pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru-guru bidang studi yang mengajar di MTS. Assa’adah I Sampurnan Bungah Gresik untuk dapat memanfaatkan aplikasi wondershare filmora sebagai media pembelajaran yang interaktif bagi siswa dengan memadukan tulisan, gambar, dan video yang menarik merangsang siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada guru bidang studi dengan menerapkan metode: 1) Pretest berupa form kuesioner yang disajikan kepada peserta melalui ceramah dan diskusi sebelum pelatihan dimulai. 2) tim pengabdi memberikan penjelasan kepada peserta petunjuk teknis penggunaan secara dasar aplikai wondershare filmora, 3) tim pengabdi Bersama dengan semua guru bidang studi melakuan instalasi dan pengoperasian aplikasi software wondershare filmora, 4) pada saat pelatihan, tim pengabdi dibantu oleh mahasiswa melakukan pendampingan secara langsung kepada peserta dalam pengoperasian aplikasi wondershare filmora, 5) Postest berupa kuesioner yang dibagikan oleh tim pengabdi kepada peserta setelah pelatihan selesai. Luaran dari pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan guru bidang studi dalam membuat media pembelajaran berupa video video pembelajaran dengan materi  yang menarik.

References

Eliwatis, E. and Sabarullah, S. (2021) ‘Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora’, at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), p. 25. Available at: https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3319.

Firdaus, Salsabila, Hamdu, G. (2020) ‘Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), pp. 66–75. Available at: https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066.

Ginting, D. et al. (2023) ‘Pelatihan Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru’, 3(3), pp. 124–131.

Heru Aliwardhana (2021) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training’, AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), pp. 22–43. Available at: https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109.

Mustamiroh, M. and Ramadhayanti, F. (2021) ‘Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd’, Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), pp. 186–192. Available at: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514.

Putra, D. and Hartati, E. (2023) ‘Pelatihan Filmora Dalam Pembuatan Materi Ajar Yang Kreatif Guru Sma Nurul Iman Palembang’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin …, pp. 8–21. Available at: https://jurnal.itscience.org/index.php/jpmasdi/article/view/2480%0Ahttps://jurnal.itscience.org/index.php/jpmasdi/article/download/2480/1900.

Ratri, A.A., Tyas, I.C. and Hilmy, M. (2022) ‘Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Filmora dalam Rangka Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka di KKG Guru SD Singojuruh Banyuwangi’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), pp. 1657–1664. Available at: https://doi.org/10.54082/jamsi.495.

Sahara, S., Azwar, S.A. and Andini, R.A. (2023) ‘Pelatihan Fasilitator Pembelajaran Digital sebagai Upaya Pembelajaran Era Revolusi 4.0 di SMK Yapinuh, Provinsi Jawa Barat’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), pp. 243–254. Available at: https://doi.org/10.54082/jamsi.629.

Sembiring, A.K. and Di, M. (2023) ‘Penggunaan AplikasiWondershare Filmora dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMA 16 Pekanbaru’, Lectura ABDIMAS, 1(1), pp. 25–32.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Mas’udi , T. ., Hakim, L. ., Mustadi, M., Jamilah, I. L. ., Syafi’i, M. ., & Suparno, S. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WONDERSHARE FILMORA di MTs. ASSA’ADAH I BUNGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 947–953. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24573