PENDAMPINGAN PENGAYAAN WAWASAN ADIWIYATA DAN STATISTIKA KESEHATAN LINGKUNGAN UNTUK GURU DAN SISWA SMAN 8 KOTA JAMBI

Authors

  • Zurweni Zurweni Universitas Jambi
  • Bunga Mardhotillah Universitas Jambi
  • Sarmada Sarmada Universitas Jambi
  • Cut Multahadah Universitas Jambi
  • Yusnidar Yusnidar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24549

Keywords:

Adiwiyata, Statistika Kesehatan Lingkungan, Edukasi Adiwiyata

Abstract

Program Pemerintah berupa Anugerah Penghargaan Adiwiyata bertujuan mewujudkan kondisi sekolah ramah lingkungan dan nyaman bagi guru dan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat/wahana/lingkungan yang baik, nyaman, dan ideal guna memperoleh ilmu pengetahuan, norma, etika yang menjadi dasar manusia mewujudkan kesejahteraan hidup. Sedangkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Adiwiyata merupakan program untuk mewujudkan sekolah yang berbudaya lingkungan, sehingga program Adiwiyata ini menganut prinsip - prinsip: 1) Edukatif, dapat memperkaya wawasan/memberikan pengetahuan serta etika mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam kehidupan, 2) Partisipatif, komunitas yang ada di sekolah ikut terlibat baik dalam hal planning, implementation, dan evaluation berdasar tanggung jawab dan kontribusi masing- masing, dan 3) Berkelanjutan, program Adiwiyata yang diimplementasikan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus. Pada SMA Negeri 8 Kota Jambi, Guru dan Siswa sebatas mengetahui adanya Penghargaan Adiwiyata, namun implementasinya belum optimal, sehingga sekolah ini belum pernah mendapatkan penghargaan adiwiyata. Sebagai penunjang keberhasilan implementasi program adiwiyata di SMA Negeri 8 Kota Jambi ini, Tim Pelaksana PPM juga berencana akan memberikan pengayaan wawasan terkait Statistika Kesehatan Lingkungan, sehingga PPM ini bertajuk Pendampingan Pengayaan Wawasan Adiwiyata dan Statistika Kesehatan Lingkungan untuk Guru dan Siswa SMAN 8 Kota Jambi, dengan jangka waktu pelaksanaan PPM selama 6 (enam) bulan. PPM diupayakan edukatif, sehingga guru dan siswa pada SMA Negeri 8 Kota Jambi mendapatkan pengayaan Wawasan terkait Adiwiyata dan Statistika Kesehatan Lingkungan. SMA Negeri 8 Kota Jambi juga dapat mengembangkan model sekolah adiwiyata berbasis kearifan lokal. Dalam Pelaksanaan PPM pada SMAN 8 Kota Jambi ini, Tim PPM Unja bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, mengacu kepada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.I/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

References

Irwan, Z.D. 2003.Prinsip-prinsip Ekologi dan Organisasi EkosistemKomonitas dan Lingkungan.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Mulia, RickinM, 2005. Kesehatan Lingkungan. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Odum, E. 1993.Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: UGM Press.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.84/MENLHK-SETJEN/KUM-1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim.

Sujarwo, Widyaningsih, dan Tristanti, 2014, Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik, Yogyakarta: UNY Press.

Supriharyono. 2007. Konservasi Ekosistem Sumber Daya Hayati. Yogyakarta : Pustaka Pelajar .

Soegianto, A. 1994.Ekologi Kuantitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.I/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Zurweni, Z., Mardhotillah, B. ., Sarmada, S., Multahadah, C., & Yusnidar, Y. (2024). PENDAMPINGAN PENGAYAAN WAWASAN ADIWIYATA DAN STATISTIKA KESEHATAN LINGKUNGAN UNTUK GURU DAN SISWA SMAN 8 KOTA JAMBI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 660–664. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24549