SOSIALIASASI APLIKASI PLN MOBILE DALAM MELAYANI PELANGGAN PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN MEMPAWAH

Authors

  • Ikram Yakin Universitas Tanjungpura
  • Vania Safa Kamila Universitas Tanjungpura
  • Citra Dewi Yudia Sari Universitas Tanjungpura
  • Radja Rayhan Alessandro Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24417

Keywords:

Aplikasi, PLN Mobile, Sosialisasi, Layanan

Abstract

Latar belakang kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari oleh beberapa masalah yaitu keluhan mengenai pemasangan listrik, pengaduan kerusakan, serta informasi kelistrikan lainnya dari masyarakat di Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah. Mengenai sulitnya menggunakan aplikasi PLN Mobile dan banyak dari mereka yang tidak tahu adanya dan manfaat dari aplikasi PLN Mobile. Hal ini mendorong penulis untuk mengedukasi dan memberikan wawasan kepada masyarakat di Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah mengenai pentingnya aplikasi PLN Mobile untuk membantu memberikan pelayanan. Pada era yang serba digital ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan menghadirkan aplikasi bernama PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile memiliki berbagai macam fitur, seperti pembelian token (pelanggan prabayar), pembayaran tagihan listrik (pelanggan pasca-bayar), pengaduan mengenai kelistrikan, marketplace, dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi PLN Mobile ini membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat secara online tanpa harus pergi ke kantor Unit Layanan Pelanggan milik PLN. Sosialisasi tentang PLN Mobile ini dilakukan secara door-to-door di Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah dengan fokus pada memberikan informasi yang jelas dan relevan. Sosialisasi dinilai efektif karena masyarakat Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah karena masih banyak yang belum menggunakan aplikasi PLN Mobile. Sedangkan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan kelistrikan. Aplikasi PLN Mobile hadir sebagai platform digital unggulan yang diharapkan mampu memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda, serta untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan.

References

Kardinah, N., & Wirakusumah, A. G. (2021). Sosialiasi Aplikasi PLN Mobile kepada Masyarakat di Desa Sukamantri Bekerja Sama dengan Pihak PLN. November.

Komputer, J. I., & Jikem, M. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2(2), 3357–3363.

Marcos, H., Subarkah, P., & Ikhsan, A. N. (n.d.). Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi Kentongan untuk Komunikasi Digital Warga di Desa Kutasari Baturraden Kabupaten Banyumas. 2(1), 70–79.

Nadhif, A. Z., & Niswah, F. (2018). Inovasi layanan PLN mobile di PT. PLN (Persero) area Surabaya Selatan. Publika, 6(2), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/22663

Santikaaristi, “Layanan Kelistrikan Kian Mudah dan Cepat, Ini Kata Pelanggan PLN Tentang PLN Mobile”, 2022 https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2022/07/layanankelistrikan-kian-mudah-dan-cepat-ini-kata-pelanggan-pln-tentang-plnmobile/#:~:text=Aplikasi%20PLN%20Mobile%20merupakan%20bagian,dan%20bera gam%20layanan%20kepada%20pelanggan

Siber, R. K., Kriptografi, R., Perangkat, R., Kriptografi, K., Siber, P., & Negara, S. (2022). Sosialisasi kesadaran keamanan di komunitas langsungenak. 2(1), 113–117.

Wayan, N., Sari, W., Pasek, I. K., & Narti, N. K. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi PLN Mobile Terhadap Kepua- san Pelanggan Pada PT PLN ( Persero ) ULP Kuta Pendahuluan / Introduction. September, 1–8.

Widarma, A., & Kumala, H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani ( Studi Kasus?: PT . PLN Tanjung Balai ). 2(2), 165– 171.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Yakin, I. ., Kamila, V. S. ., Sari, C. D. Y. ., & Alessandro, R. R. . (2024). SOSIALIASASI APLIKASI PLN MOBILE DALAM MELAYANI PELANGGAN PADA MASYARAKAT DI KABUPATEN MEMPAWAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 374–377. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24417

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.