PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN ADAPTASI TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU SDS ISLAMIYAH PONTIANAK

Authors

  • Karsim Karsim Universitas Tanjungpura
  • Nur Afifah Universitas Tanjungpura
  • Ilzar Daud Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24416

Keywords:

Teknologi Digital, Pendidikan, Guru, Adaptasi, SDS Islamiyah Pontianak

Abstract

Peningkatan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada sektor pendidikan khususnya di Indonesia. Guru-guru memiliki peran penting dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran mereka. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat yang bertujuan untuk mendampingi dan menerapkan adaptasi teknologi digital pada guru-guru di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Islamiyah Pontianak. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang dan membantu kesiapan guru-guru dalam mengadopsi teknologi digital dan sejauh mana mereka telah mengintegrasikannya ke dalam kurikulum mereka. Tentunya hal ini dapat mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh guru-guru SDS Islamiyah Pontianak dalam mengadopsi teknologi digital, seperti kurangnya aksesibilitas dan pemahaman yang mendalam terkait dengan teknologi tersebut. Namun, kegiatan ini juga menunjukkan bahwa dengan pendampingan yang tepat dan pelatihan yang disesuaikan, guru-guru dapat dengan sukses mengintegrasikan dan menerapkan teknologi digital ke dalam pembelajaran mereka. Hasil dari pendampingan dan penerapan berupa penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan penggunaan canva, pembuatan video pembelajaran yang lebih baik bagi guru-guru SDS Islamiyah Pontianak dalam upaya meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, dapat memberikan wawasan penting tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam mengadopsi teknologi digital di lingkungan pendidikan Islam di Pontianak, Indonesia. Kegiatan pengabdian Dosen ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan di daerah ini, khususnya dalam konteks pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah Islam.

References

Abdul Kadir, E., Dedi Karni, Wira Satria Ramdani, & M Amin Roidbafi. (2022). Implementasi Literasi Data Digital Untuk Pendidikan Pada Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 23–29.

Indriyani, D., Santi, R. N., Akbar, S., Fadila, S. N., Mulyasari, D., Pertanian, F., Abdurachman, U., & Situbondo, S. (2023). Pendampingan Desain Pembelajaran Digital Bagi Guru DI. 46–51.

Karsim, K., Yakin, I., Saputra, P., & Mayasari, E. (2023). Pendampingan kewirausahaan dan digital marketing pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) Paca Bakhti Sungai Raya. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8557-8562.

Karsim, K., Yakin, I., Saputra, P., Mayasari, E., & Achmad, A. (2023). Menggali Potensi Kewirausahaan melalui pendekatan digital marketing pasca pandemic pada Lembaga kemanusiaan (dompet umat). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8550-8556.

Magfirah, N., Djunur, L. H., & Thahir, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Canva for Edu. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 776–783.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96.

Sahat, R., Simanullang, P., & Mutmainnah, S. (2016). Pemanfaatan Program Camtasia Untuk Meningkatkankompetensi Simulasi Digital Mgmp. Jpkm, 22(4), 20–25.

Siregar, Z., Azhar, P. C., Sugma, A. R., & ... (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Bagi Guru-Guru Di Lingkungan Sd It Hamas. Jurnal Pengabdian …,4(1),96–102.

Tibrani, M., Riyanto, R., & Anggraini, N. (2022). Pendampingan Simulasi Pemodelan Sains Menggunakan Software PhET Simulations Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Virtual Laboratory Bagi Guru IPA Palembang. Dharma Raflesia?: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 169–178.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Karsim, K., Afifah, N. ., & Daud, I. . (2024). PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN ADAPTASI TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU SDS ISLAMIYAH PONTIANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 368–373. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24416