PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU – GURU DI SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR

Authors

  • Vitri Angraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Asilestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24299

Keywords:

Digital, Media Pembelajaran, Screencast O’matic, Canva

Abstract

Era digitalisasi mempengaruhi karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Kedekatan peserta didik dengan aplikasi teknologi memunculkan ketertarikan yang tinggi dengan hadirnya teknologi dalam pembelajaran dalam bentuk media pembelajaran. Di lain sisi, kehadiran teknologi merupakan tantangan bagi para. Ketidakfamiliaran guru dalam mengoperasikan aplikasi digital, pengalaman pembelajaran konvensional, ketidaktersediaan fasilitas pendukung, serta terbatasnya informasi pemahaman dan penggunaan teknologi menjadi alasan guru belum menggunakan media pembelajaran digital. Fenomena ini menarik perhatian sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sekolah menginisiasi pelatihan media pembelajaran berbasis digital. Materi pelatihan yang diberikan berupa pembelajaran menggunakan aplikasi Canva, Screencast O’matic dan Kahoot sebagai aplikasi pembuatan media ajar. Tujuan pelatihan ini adalah agar guru di SMA N 1 XIII Koto Kampar mampu merancang media pembelajaran mandiri berbasis digital yang disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran pada lingkungan setempat. Sejumlah 17 orang guru menjadi peserta pada kegiatan pelatihan media pembelajaran digital. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan pemberian pengetahuan dilanjutkan dengan praktik mandiri. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan media pembelajaran yang diberikan memberikan manfaat teoritis dan manfaat praktis. Berdasarkan angket yang disebarkan pada akhir kegiatan menunjukkan bahwa secara teoritis, 57.35% peserta mendapatkan pengetahuan tentang aplikasi media pembelajaran yang diajarkan dan secara praktis 55, 87% peserta menyatakan mampu menghasilkan media pembelajaran yang telah diajarkan. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan diantaranya support  fitur laptop tidak mendukung, akses jaringan internet sulit, dan ketidakfamiliaran peserta dalam penggunaan aplikasi. 

References

Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., & Fajar Nugroho, O. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.

Budianingsih, Yanry & Yulian, V. N. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Screencast O Matic. Journal of Educational and Language Research, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Halidjah, S., & Salimi, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.440

Hamka, L., Ristiana, E., Muis, A. A., Arsal, A. F., Muliana, G. H., & Yasin, Y. K. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru SD Negeri Mandai Kota Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(01), 71–76.

Handayani, D., Wiwit, W., Ginting, S. M., & Alperi, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Screencast-O-Matic bagi Guru di SDN 59 Bengkulu Tengah. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/andromeda.v3i1.27644

Nugraha, Dadan & Nugraha, N. (2022). Pelatihan Penggunaan Platform Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDIT Al Imam Kuningan. 07(01), 16–22.

Rochmawati, N., Yamasari, Y., Yustanti, W., Qoiriah, A., & Aviana, A. N. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru MI Al Ahmad, Krian, Sidoarjo. Jurnal Abdi, 9(1), 46–52.

Ulfa, Maria; Solikin, Imam; Amin, Zaid; Adly, R. H. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU DI DESA DURIAN GADIS Kegiatan Kuliah Nyata merupakan bagian dari penyelenggaraan Pendidikan dalam yang membawa dampak dalam berbagai sector kehidupan termasuk diantaranya yaitu pada benda yang dapa. Bina Darma Conference on Community Service Result (BC2SR), 1(1), 75–84.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Hardi, V. A. ., & Asilestari, P. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU – GURU DI SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1346–1353. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24299

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.