KEDUDUKAN SOFT SKILLS DALAM MENDUKUNG KEMAJUAN KARIR SISWA SMK UNTUK MENGHADAPI INDUSTRI4.0

Authors

  • Muhammad Hafidz Yusuf Universitas Qomaruddin
  • Narto Narto Universitas Qomaruddin
  • Moh. Ririn Rosyidi Universitas Qomaruddin
  • Suparno Suparno Universitas Qomaruddin
  • Auditya Purwandini Sutarto Universitas Qomaruddin
  • Nailul Izzah Universitas Qomaruddin
  • Anik Rufaidah Universitas Qomaruddin
  • Iksan Iksan Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24295

Keywords:

Soft Skill, Industri 4.0

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi menciptakan revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh penggunaan internet. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda di Indonesia. Generasi muda seperti siswa SMK merupakan generasi yang siap kerja. Kurikulum pendidikan yang lebih menekankan keterampilan teknis (hard skills) membuat keterampilan nonteknis (soft skills) belum optimal ditanamkan. Padahal seperti keterampilan teknis, keterampilan nonteknis penting untuk dipahami dan dikuasai siswa. Terlebih, soft skills pun berperan penting bagi siswa agar sukses di bidang pendidikan dan di dunia kerja. Oleh sebab itu, edukasi mengenai pentingnya soft skills bagi siswa SMK dihadirkan dalam sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya soft skills bagi pendidikan dan karir di masa depan. Kegiatan ini berupa acara tayang bincang bagi siswa-siswi di SMKS Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Metode yang digunakan adalah teknik survei dengan menyebarkan angket persepsi ke seluruh siswa hasil yang didapatkan ada 52,9% kurang faham(sebelum pelaksanaan pengabdian sof skill) siswa smk yang belum mengetahui tentang kegunaan dan manfaat soft skill dan sesudah mendapatkan 23,5% yang sangat faham pada kedudukan soft skill.

References

Ameliyah, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh praktik kerja industri, penguasaan soft skill dan hasil belajar terhadap kesiapan kerja. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1087–1099.

Andriyani, A. A. A. D., Mentari, N. M. I., Marantika, I. M. Y. M., Kumara, D. G. A. G. K., & Soniartini, N. L. S. (2023). PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN ETIKA BERKOMUNIKASI & MATERI DASAR BAHASA INGGRIS. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1).

Apriyani, D., Sudana, I. M., & Krisnawati, M. (2020). Keutamaan soft skills bagi siswa sekolah menengah kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 8(2), 166–170.

di Era Revolusi, T. P. (2020). Industri 4.0. Santriducation 4.0, 116.

Hastalona, D., Asih, A. J., Ulpah, U., Ridwan, R., & Mellyoni, M. (2021). PKM Pentingnya Penguasaan Soft Skill Bagi Generasi Z Di Kalangan Siswa-Siswi SMA Inti Nusantara Tebing Tinggi. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 1(4), 162–167.

Lubis, D. S. W. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN SOFT SKILL. LITERASI JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 4(1), 19–24.

Rahmi, F., Sari, L., & Rejeki, S. S. (2021a). Identifikasi kesiapan memasuki dunia kerja melalui profil soft skill siswa SMK. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–55.

Rahmi, F., Sari, L., & Rejeki, S. S. (2021b). Identifikasi kesiapan memasuki dunia kerja melalui profil soft skill siswa SMK. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–55.

Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 160–166.

Sudana, I. M., Raharjo, D. W., & Supraptono, E. (2015). Soft skills competence development of vocational teacher candidates. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).

Sutianah, C. (2021a). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167.

Sutianah, C. (2022). Peningkatan Soft Skills Peserta Didik Melalui Integrated Teaching And Learning Berbasis Jobskils Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 3(05), 137–148.

Yolandha, W., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 911–919.

Yusuf, A., Hidayati, M., & Purnomo, H. (2021). Hard Skill dan Soft Skill Siswa dalam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 1–11.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Yusuf, M. H. ., Narto, N., Rosyidi, M. R. ., Suparno, S., Sutarto, A. P. ., Izzah, N. ., Rufaidah, A. ., & Iksan, I. (2024). KEDUDUKAN SOFT SKILLS DALAM MENDUKUNG KEMAJUAN KARIR SISWA SMK UNTUK MENGHADAPI INDUSTRI4.0. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 308–312. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24295