PELATIHAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DALAM MENUNJANG PENGUATAN LITERASI BAGI PENDIDIK

Authors

  • Dwi Syukriady Universitas Islam Makassar
  • Rosmala Dewi Universitas Puangrimaggalatung
  • Jumriati Jumriati Universitas Islam Makassar
  • Herawati Arief S Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24285

Keywords:

Pembelajaran, Literasi Digital, Rapor Digital Madrasah

Abstract

Melihat pengenalan RDM sebagai sebuah kebutuhan bagi pendidik maka wajib bagi pendidik untuk dibekali pengetahuan tentang Rapor Digital Madrasah agar mutu tenaga pendidik semakin meningkat sekaligus memperkuat literasi digital pendidik. Rapor Digital Madrasah (RDM) dapat dikatakan baru bagi pendidik, pelatihan yang diperoleh masih sangat minim sehingga tim pengabdian berinisiatif mengadakan pelatihan RDM untuk meningkatkan kemahiran guru dalam menjalankan aplikasi RDM. Metode yang digunakan, yaitu pemaparan materi dan praktik. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan RDM, pendidik merasa terbantu dengan pelatihan ini, respon positif sesudah pelatihan pun tampak dari hasil Focus Group Discussion, mereka antusias setelah dibekali dengan pelatihan yang bermanfaat dalam pembelajaran dan berharap pelatihan RDM tetap diadakan di lain waktu setiap menjelang akhir semester.    

Author Biography

Dwi Syukriady, Universitas Islam Makassar

Jangan pernah berhenti menulis.

References

Aziz (2021) Rapor Digital Madrasah (RDM) Pengganti Aplikasi Rapor Digital (ARD), MA YMI Wonopringgo. Diunduh dari: https://maymigo.sch.id/read/6/rapor-digital-madrasah-rdm/ tanggal 27 Desember 2023.

(Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, 2023). Kemenag Siapkan Integrasi Sistem Informasi Dalam Pengembangan Rapor Pendidikan Madrasah, 20(24). Diunduh dari: https://pendis.kemenag.go.id/read/kemenag-siapkan-integrasi-sistem-informasi-dalam-pengembangan-rapor-pendidikan-madrasah/ tanggal 24 Mei 2023.

Dwi Syukriady, Ashar, Musbaing, Yuriatson, S.P.A. (2023) “Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Quiziz,” Community Development Journal, 5(2), hal. 3426–3430. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15066.

Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App To Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, And Culture (Edulec), 2(2), 180–185. Https://Jurnal-Eureka.Com/Index.Php/Edulecj

Kemenag, J. (2021). Dukung Madrasah Digital, MAN 2 Banjarnegara Gunakan RDM – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, 1(2). Diunduh dari: https://jateng.kemenag.go.id/berita/dukung-madrasah-digital-man-2-banjarnegara-gunakan-rdm/ tanggal 15 Desember 2021.

Khoeron, M. (2021, November). Kemenag Latih dan Perkuat Literasi Digital Guru Madrasah, 1(2). Diunduh dari: https://kemenag.go.id/read/kemenag-latih-dan-perkuat-literasi-digital-guru-madrasah-oqe4x/ tanggal 03 November 2021.

Syukriady, D. et al. (2023) “Tantangan Guru Bahasa Indonesia Di Era Tranformasi Digital Dan Teknologi Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Kuat Positif,” Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), hal. 6921–6930. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4339.

Kementerian Agama. (2021). Kebijakan dan Privasi RDM Mobile: Tim Teknis, 1(2). Diunduh dari: https://rdm.kemenag.go.id/kebijakan/ tanggal 02 Desember 2024.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Syukriady, D., Dewi, R. ., Jumriati, J., & S, H. A. . (2024). PELATIHAN RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) DALAM MENUNJANG PENGUATAN LITERASI BAGI PENDIDIK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 435–438. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24285