CARA MENANGANI KESULITAN BELAJAR DISLEKSIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGRI 060877 MEDAN

Authors

  • Resha Khofila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Farah Saraswati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Taufiq Ismail Koto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24268

Keywords:

Kesulitan Belajar, Disleksia, Metode Pembelajaran

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada banyak aspek, salah satunya pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Guru di sekolah tentunya menjadi fasilitator yang baik untuk siswanya dengan menyediakan proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Dengan memilih cara yang cocok untuk memfasilitasi proses belajar siswa, guru di sekolah dapat memberikan dukungan yang tepat dan bekerja sama dengan orang tua sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan cara yang benar. Untuk itu, guru membutuhkan strategi pembelajaran yang efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis khususnya bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Disleksia. Adapun Metode: metode huruf, metode multisensor, metode Fernaid, metode Gilingham, metode transposisi alfabet.

References

Azizurohmah. (2017). Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Belajar Disleksia Pada Pembelajaran Kelas III B MI Islamiyah Jabung Malang. Skripsi , 119.

Dewi, K. (n.d.). Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY .

Dr. Marlina, S. M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenademeda Group.

Faizin, I. (2020). Strategi Guru Dalam Penangnan Kesulitan Belajar Disleksia. 7 (1).

Ika Firma Ningsih Dian Primasari, A. S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 4.

Karmila, M. D. (2018). Efektivitas Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas 1 Di SD n Bangunrejo 2 Yogyakarta. jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 7.

Rosada, Ulfa Danni;. (2016). Diagnosis Of Learning Difficulties And Guidance Learning Service To Slow Learning Student. Guidena Journal, 6, 61-69.

Setiadi, H. W. (n.d.). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Ketrampilan Baca-Tulis Siswa Disleksia. Prosesding Seminar Nasional PGSD UPY .

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra .

Tri Wulan Sari, A. F. (n.d.). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Disleksia untuk Mengurangi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan . Prosedding Seminar Nasional PGSD UPV .

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Khofila, R., Saraswati , F. ., Koto, T. I. ., & Abdurrahman , A. . (2024). CARA MENANGANI KESULITAN BELAJAR DISLEKSIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGRI 060877 MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 443–446. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24268