OPTIMALISASI KINERJA JURU PARKIR BERORIENTASI KESELAMATAN DI KABUPATEN BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24237Keywords:
Parkir, Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM), KeselamatanAbstract
Pemerintah Kabupaten Banjarnegara berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan mengoptimalkan penyelenggaraan parkir. Meski memiliki potensi parkir yang besar, kontribusinya masih belum maksimal. Langkah ini berujung pada perbaikan parkir melalui perda dan inovasi transaksi nontunai. Pemerintah juga telah mengimplementasikan aplikasi SIAP untuk pengelolaan perparkiran. Meski ruang parkir bertambah, kontribusi parkir valet berfluktuasi. Melalui pendidikan dan pelatihan, pemerintah ingin meningkatkan kualitas pelayanan. Ketidakseimbangan antara jumlah dan kapasitas ruang parkir dapat menimbulkan masalah seperti kemacetan, antrian panjang dan parkir liar. Solusi termasuk valet, pemantauan, dan peningkatan komunikasi dengan staf parkir. Melalui DPM, pemerintah berupaya meningkatkan profesionalitas juru parkir melalui pendidikan dalam berbagai aspek, termasuk keselamatan. Rekomendasi meliputi metode pembelajaran yang berbeda, pemahaman konsep, instruksi individual, dan pendidikan berkelanjutan. DPM diharapkan efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keselamatan juru parkir serta memberikan kontribusi positif bagi pengelolaan parkir di kawasan tersebut.References
https://banjarnegarakab.bps.go.id/publication/2023/02/28/1d0c127748d282ccb5a8ae26/kabupaten-banjarnegara-dalam-angka-2023.html
https://banjarnegarakab.go.id/main/optimalisasi-pad-pemkab-launching-e-parkir/
https://banjarnegarakab.go.id/main/sektor-parkir-perlu-digenjot-untuk-tingkatkan-pad/
https://banyumas.tribunnews.com/2020/08/05/bppkad-banjarnegara-tak-puas-sektor-parkir-hanya-sumbang-pad-2020-rp-12-miliar
https://parkir.onlink.id/#
Gustika, G. S. (2018). Pengaruh Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(4), 114–122. https://doi.org/10.34006/jmb.v7i4.27
Kiswanto, E., Studi, P., & Mada, U. G. (2018). Populasi Kualitas Perparkiran Kota Yogyakarta Dari Multiperspektif The Quality Of Parking In Yogyakarta City From Multi-Perspectives. 26, 51–74.
Oktopianto, Y., Nabil, M. J., & Arief, Y. M. (2021). Sosialisasi Keselamatan Transportasi Jalan Pengemudi Gojek Di Kota Tegal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 242. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.33321
Oktopianto, Y., Studi, P., Sistem, R., Jalan, T., Keselamatan, P., & Jalan, T. (2023). Peningkatan Kualitas Juru Parkir Berkeselamatan Kabupaten Grobogan. 3(2), 7–8.
Sandra, C. F. K. (2020). Kebijakan Strategi Parkir (Studi Kasus?: Ibu Kota Metropolitan Jakarta) Parking Strategy Policy ( Case Study?: Metropolitan Jakarta ). Prosiding Seminar Intelektual Muda, September, 103–108.
Sari, R. D. P., & Sadad, A. (2023). Pengawasan Jasa Layanan Parkir Di Kota Pekan Baru. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 5(1), 1–14.
Sarjan, A. F. N., Salsabila, F. F., & Rofaida, A. (2022). Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas untuk Mengurangi Angka Kejadian Kecelakaan Bagi Pelajar di SMAN 1 Selong Kabupaten Lombok Timur. Unram Journal of Community Service, 3(4), 120–122. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i4.167
Vipriyanti, S., & Meirinawati, M. (2021). Kualitas Pelayanan Parkir Berlangganan Untuk Meningkatkan Pendapatan Retribusi Parkir Di Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. Publika, 227–240. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p227-240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riza Phahlevi Marwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.