PENERAPAN ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK SDN 02 PEMULUTAN

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Chintya Putri Dendra Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24231

Keywords:

Art Therapy, Percaya Diri, Anak, Sdn 02 Pemulutan, Desa Babatan Saudagar

Abstract

Dalam undang-undang perlindungan anak tahun 2012 mengatakan bahwa anak merupakan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran penting dalam menjamin kelangsungan negara dan juga eksistensi bangsa ini. dikarenakan hal ini tentu nya anak diharapkan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental serta sosial serta berakhlak mulia dan sejahtera kehidupannya, pendidikan sekolah dasar merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencentak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, kreatif, berbudi pekerti. keberhasilan pendidikan terutama pendidikan formal salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yaitu dengan cara menumbuhkan kepercayaan diri siswa, metode yang digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak yaitu dengan metode art therapy, dimana art therapy ini bertujuan untuk mengekspresikan perasaan yang sedang dialami anak untuk lebih percaya diri, lewat media seni ini anak lebih percaya diri dalam mengekspresikan dirinya.

References

Wahyono, D., & Santoso, P. S. (2022). Pelatihan Psikoedukasi ART THERAPY dengan merajut untuk mengurangi kecemasan dan membangun Sdm berdayaguna pada remaja Desa NGRAWAN, BERBEK, NGANJUK. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 2(04), 1-6.

Rahmah, V. M., Arifah, I. M., & Widyastuti, C. (2021). Penanganan kondisi traumatic anak korban kekerasan seksual menggunakkan ART THERAPY. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(1).

WAHYUDIANTO, N., ARIANI, N. K. P., & WARDANI, I. A. K. (2023). Terapi Seni Pada Pasien Dalam Perawatan Paliatif: Sebuah Laporan Kasus. Healthy: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(2), 128-132.

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi Mengembangkan Resiliensi Individu di Tengah Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Islamic Art Therapy [Strategy to Develop Individual Resilience in The Middle of the COVID-19 Pandemic using Islamic Art Therapy]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1).

Waller, D. (2006). Art therapy for children: How it leads to change. Clinical Child Psychology and Psychiatry, 11(2), 271-282.

Evans, K., & Dubowski, J. (2001). Art therapy with children on the autistic spectrum: Beyond words. Jessica Kingsley Publishers.

Schweizer, C., Knorth, E. J., & Spreen, M. (2014). Art therapy with children with autism spectrum disorders: A review of clinical case descriptions on ‘what works. The Arts in Psychotherapy, 41(5), 577-593.

Eaton, L. G., Doherty, K. L., & Widrick, R. M. (2007). A review of research and methods used to establish art therapy as an effective treatment method for traumatized children. The Arts in Psychotherapy, 34(3), 256-262.

Councill, T. (2015). Art therapy with children. The Wiley handbook of art therapy, 242-251.

Chiang, C. Y., Lin, H. M., & Liu, S. T. (2023). Healing Through Art and Play for Hospitalized Children with Medical Trauma. Hu Li Za Zhi, 70(3), 19-25.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Oktaviana, R. ., & Dendra, C. P. . (2024). PENERAPAN ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK SDN 02 PEMULUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 244–248. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24231