RUMAH KREATIF BIMBEL DAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sawi Sujarwo Universitas Bina Darma
  • Afin Fahreza Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24230

Keywords:

Art Therapy, Percaya Diri, Anak, Sdn 02 Pemulutan, Desa Sungai Buaya

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini mendirikan program rumah kreatif bimbel dan pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak sekolah dasar. Bimbel adalah Upaya untuk membantu    peserta didik   dalam   aktivitas   mengembangkan diri dan menggali potensi dalam belajar. Alasan yang mendasari penulis membuat program bimbingan belajar adalah untuk membantu anak-anak desa Sungai Buaya yang masih kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang telah dipelajari di sekolah, metode yang digunakan yaitu metode bermain peran adalah cara mengajar yang membimbing siswa untuk melakukan peranan tertentu seperti yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran adalah suatu aktivitas pembelajaran terencana sebagai cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa dalam memerankan status dan fungsi tertentu yang terdapat dalam kehidupan nyata, kemudian dijadikan bahan refleks pelaksanaan dari program kerja pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan mengenai program rumah kreatif bimbel dan pelatihan untuk meningkatkan kepaercayaan diri pada anak sekolah dasar. Didapatkan hasil bahwa program pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak sekolah dasar mengunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak desa Sungai Buaya hal ini dapat dilihat dengan para subjek penelitian terlihat adapat bersosialisasi dengan teman-teman nya, pengausaan kepercayan diri, dan ada nya peningkatan dari segi akademik.

References

Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati.Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), 164.

Ahmad Muzaqi, Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 70–77.

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini.Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Karnasih, S. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Dan Latihan Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Narative Dan Report Siswa.

Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato Untuk Meningkatkan Kepercayan Diri Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Kolnel, O. M. H., & Zendrato, J. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar XYZ Gunungsitoli, Nias [ Implementation of The Role-Playing Method to Improve Grade 1 Sudents' Speaking Skills in An Indonesian Language Lesson at Primary School XYZ Gunungsitoli, Nias]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 333.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83.

Srinita Br Sembiring Milala & Malida Putri. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak Dengan Metode Bermain Peran Pada Anak Panti Asuhan Mercy Clement Indonesia. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(2), 292–298.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Sujarwo, S. ., & Fahreza, A. . (2024). RUMAH KREATIF BIMBEL DAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 238–243. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24230