PENGGUNAAN CBT EXAM BROWSER DI SMKN 2 MANDAU

Authors

  • Siti Mulyani Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24228

Keywords:

CBT, Exam Browser, Ujian Akhir

Abstract

Penggunaan CBT Exam Browser  merupakan sistem penting bagi kegiatan pembelajaran di masa teknologi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, proses pelaksanaan, dampak positif dan negatif dari penggunaan CBT Exam Browser di SMKN 2 Mandau ini. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan wawancara dan telaah dokumen. Informannya adalah Siswa dan Guru SMKN 2 Mandau. Peggunaan CBT Exam Browser dinilai bermanfaat, menghemat biaya dan  waktu. Selain itu, penggunaan CBT Exam Browser mampu meminimalisir peluang siswa untuk melakukan kecurangan, membantu dalam menjaga keamanan dan kejujuran ujian daring.

References

Abror, A. R. (1993). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Cengage Learning.

Asih, V., Saputra, A.,& Subagio, R. T. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit, 10(1), pp. 59-70.

Clariana, R., & Wallace, P. (2002). Penilaian berbasis kertas versus berbasis komputer: faktor-faktor kunci yang terkait dengan efek mode tes. British Journal of Educational Technology, 33(5), hlm. 593-602.

Davis, F. D. (1989). Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi. MIS triwulanan, hal. 319-340.

Denzin, N. K., & Lincoln,Y.S.(2008,18 Juni). Pendahuluan: Disiplin dan praktik penelitian kualitatif. Diambil kembali dari https://psycnet.apa.org/record/2008-06339-001

Gunarso, A. (1993). Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Mulyani, S. ., & Waskito, W. (2024). PENGGUNAAN CBT EXAM BROWSER DI SMKN 2 MANDAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 230–233. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24228

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.