PENGGUNAAN CBT EXAM BROWSER DI SMKN 2 MANDAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24228Keywords:
CBT, Exam Browser, Ujian AkhirAbstract
Penggunaan CBT Exam Browser merupakan sistem penting bagi kegiatan pembelajaran di masa teknologi saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, proses pelaksanaan, dampak positif dan negatif dari penggunaan CBT Exam Browser di SMKN 2 Mandau ini. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan wawancara dan telaah dokumen. Informannya adalah Siswa dan Guru SMKN 2 Mandau. Peggunaan CBT Exam Browser dinilai bermanfaat, menghemat biaya dan waktu. Selain itu, penggunaan CBT Exam Browser mampu meminimalisir peluang siswa untuk melakukan kecurangan, membantu dalam menjaga keamanan dan kejujuran ujian daring.References
Abror, A. R. (1993). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Cengage Learning.
Asih, V., Saputra, A.,& Subagio, R. T. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit, 10(1), pp. 59-70.
Clariana, R., & Wallace, P. (2002). Penilaian berbasis kertas versus berbasis komputer: faktor-faktor kunci yang terkait dengan efek mode tes. British Journal of Educational Technology, 33(5), hlm. 593-602.
Davis, F. D. (1989). Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi. MIS triwulanan, hal. 319-340.
Denzin, N. K., & Lincoln,Y.S.(2008,18 Juni). Pendahuluan: Disiplin dan praktik penelitian kualitatif. Diambil kembali dari https://psycnet.apa.org/record/2008-06339-001
Gunarso, A. (1993). Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.