PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI 101201 DESA SIPISPIS

Authors

  • Sari Sarumaha Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Widia Amalia Arfa Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Mhd. Akhiruddin Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Muhammad Khoiron Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Adrial Falahi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Tukimin Lubis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24166

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan

Abstract

Pelatihan dasar kepemimpinan diidentifikasi sebagai solusi potensial untuk mengatasi tantangan kedisiplinan siswa di SD Negeri 101201 Desa Sipispis. Dengan memberikan pemahaman dan keterampilan kepemimpinan kepada pemimpin sekolah dan guru, diharapkan terjadi perubahan positif dalam mengelola kedisiplinan siswa. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif sebagai pendekatan riset. Metode ini digunakan untuk menggambarkan karakteristik dari permasalahan yang diamati. Penelitian ini menghasilkan bahwa pelatihan tersebut memiliki dampak positif terhadap kedisiplinan siswa. Pemimpin sekolah dan guru mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan baru dalam komunikasi, manajemen tim, dan motivasi siswa, yang secara langsung mempengaruhi kedisiplinan siswa. Kolaborasi dengan komunitas dan keluarga menjadi faktor kunci dalam merancang program yang sesuai dengan konteks sosial dan ekonomi Desa Sipispis.

References

Ambarita, Alben. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Syamsul . 2019. Leadership “Ilmu dan seni kepemimpinan”. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bin Smith, Mardia. 2011. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara”, Jurnal Penelitian dan pendidikan, Vol 8.

Cholid narbuko & Abu Achmadi, 2007. Metodologi penelitian.Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi & Totok, 2019. “Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP NEGERI 28 Surabaya”, Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2.

E. Mulyasa. 2019. Standar Kompetensi dan Sertifikasi guru,. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Hariyono, Jihan. dan M. Ramli, 2020. “Bentuk Pola Asuh Demokratis Dalam Kedisiplinan Siswa SD”, Jurnal Pendidikan, Vol. 1.

Haryuni, Siti. 2013. “Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan Dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri”. Jurnal Edukasia, vol. 8.

Imron, Ali. 2013. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono, Kartini. 2019. Pemimpin dan kepemimpinan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanti, Sri. 2013. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur”, Ejurnal Administrasi Negara, Vol 1.

Sahertian, Piet. 2019. Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan Di sekolah. Surabaya: Usana Offset.

Siti Hadianti, Leli. 2008. “Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol 02.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Sarumaha, S. ., Arfa, W. A. ., Siregar, M. A. ., Nasution, M. K. ., Falahi, A. ., & Lubis, T. . (2024). PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SD NEGERI 101201 DESA SIPISPIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 179–184. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24166