SOSIALISASI MEKANISME PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI UPT SD NEGERI 067250 MEDAN

Authors

  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurhafni Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dewi Fitria Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Mardatillah Mardatillah Universitas Negeri Malang
  • Ilman Syura Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24133

Keywords:

Mekanisme, Penyelenggaraan , Pendidikan,Inklusif , Sekolah Dasar

Abstract

Pada tahapan ini adalah melakukan koordinasi pada pihak Universitas Muslim Nusantara dan sekolah mitra Selanjutnya kelompok pengabdi melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi mitra mengenai proses pembelajaran Persiapan yaitu , tim pengabdian mempersiapkan materi presentasi dan video tentang penyelenggraan pendidikan  inklusif di sekolah percontohan. Pelaksanaan kegiatan menggunakan ceramah dengan Teknik presentasi materi dengan model STAD. Selanjutnya Observasi yaitu melakukan pretest dan post tes  tujuannya untuk mengetahui tingkat pemahaamn guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran inklusif di kelas, sebelum dan sesudah sosialisasi. Selanjutnya  tahapan evalusasi ini  kelompok pengabdian menyebarkan angket kepuasan respondent  guna untuk mengetahui pelaksanaan pengabdian  yang telah dilaksanakan serta memberikan umpan balik terhadap hasil selanjutnya, tahap refleksi dilakukan dengan mengulas kembali tentang kegiatan sosialisasi mekanisme penyelenggaran pendidikan inklusif l di UPT SDN 0687250 Medan, mulai dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan. Tahap ini dilaksanakan bersama-sama antara tim pengabdi dan mitra sebagai penyimpulan tentang kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan serta menampung saran dan pesan dari respondent. Untuk tingkat kefahaman tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif dari 24 peserta diperoleh Untuk tingkat kefahaman terhadap pendidikan inklusif di UPT SDN 0687250 Medan setelah dilakukan sosialisai dari 24 peserta 15 ( 62,5%)  peserta sangat faham, 5 ( 20,83%)  peserta faham dan 4 (16,6)  peserta cukup faham.

References

Lestari,N, Yasin,M, Nurmairina, Sari,DN ( 2023), Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar Abad 21. Medan LPPM UMNAW.

Effendi, Mohammad Pengantar Pdikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. 2006. Jakarta: Bumi Aksara

Hadis, Abdul. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. 2006. Bandung: Alfabeta.

MIF,Baihaqi dan M. Sugiarmin. 2006. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT. Refika Aditama.

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 70 tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Jakarta: KEMENDIKNAS.

Taufiq.,A Mikarsa.HL, Prianto.Puji (2017) Pendidikan Anak di SD. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. ( Permendiknas no. 70 tahun 2019)

Wardani.I.G.A.K, dkk (2017). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Lestari, N. ., Siregar, N. ., Fitria, D. ., Sari, D. novita ., Mardatillah, M., & Syura, I. . (2024). SOSIALISASI MEKANISME PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI UPT SD NEGERI 067250 MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24133