EFEKTIVITAS MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN DUDUK ANAK AUTISME KELAS VI DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA SAMARINDA

Authors

  • Nabila Apsari Humaira Universitas Bina Darma Palembang
  • Mutia Mawardah Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24067

Keywords:

Autisme, Ketahanan Duduk, Media maze

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan pervasive dengan ditandai adanya kegagalan dalam berhubungan dengan orang lain yang dikarenakan adanya keterbatasan bahasa, perilaku motorik yang terganggu, dan gangguan intelektual. Autisme dilengkapi dengan perilaku hiperaktivitas yang menyebabkan anak dengan gangguan tersebut memiliki ketahanan duduk yang rendah dengan jangka waktu yang lama. Dimana duduk dengan tenang merupakan modalitas salah satunya dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perilaku yang timbul ditandai dengan perilaku memukul meja, bertepuk tangan yang keras, menghentakkan kaki, dan berteriak sehingga dapat mengganggu anak dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan duduk anak dengan gangguan autisme dilakukan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi dengan media maze dengan pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Rendahnya ketahanan duduk anak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi tantangan karena ketahanan duduk pada anak merupakan modalitas dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Hasil pengabdian ini diharapkan anak dengan gangguan autisme dapat meningkatkan ketahanan duduk anak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

References

Hidayati, N. I. (2021). Pengembangan Media Maze Zoo dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun. Bengkulu: Tesis.

Ismudar, Y., & Damri, D. (2021). Meningkatkan Ketahanan Duduk Saat Proses Pembelajaran Melalui Pemberian Reward kepada Siswa Autisme. Al-Murabbi : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 142-150.

Khairi, N., & Kasiyati. (2021). Efektivitas Teknik Reinforcement (Verbal) Untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Autisme Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang. Journal of Basic Education Studies, 628-635.

Khairi, N., & Kasiyati. (2021). Efektivitas Teknik Reinforcement (verbal) untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Anak Autisme Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang (Single Subject Research). Journal of Basic Education Studies, 628-635.

Kuswanto, A. V., & Suyadi. (2020). Sistematika Literatur Review : Permainan Maze dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 119-124.

Sari, P. P. (2018). Meningkatkan Ketahanan Duduk dalam Proses Pembelajaran pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Maze. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 350-359.

Suela, I. K. (2015). Permainan Maze untuk Mereduksi Perilaku Self Stiulation pada Anak Autis. Surabaya: Skripsi.

Syukria, E., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Efektivitas Token Economy dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk pada Anak ADHD. MSI Transaction on Education, 30-35.

Utami, S. P., & Armaini. (2019). Meningkatkan Ketahanan Duduk Melalui Media Mozaik bagi Anak Autis di SLB Autisma YPPA Padang. Journal of Residu, 86-89.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Humaira, N. A., & Mawardah, M. . (2024). EFEKTIVITAS MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN DUDUK ANAK AUTISME KELAS VI DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA SAMARINDA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 488–495. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24067