PENYULUHAN PENTINGNYA PENERAPAN TEKNOLOGI DI SEKOLAH DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Authors

  • Eka Ari Endrawati Universitas Krisna Dwipayana
  • Susetya Herawati Universitas Krisna Dwipayana
  • Nur Hikmah Universitas Krisna Dwipayana
  • Wiga Arianti Universitas Krisna Dwipayana
  • Mega Wahyu Universitas Krisna Dwipayana
  • Delfima Delfima Universitas Krisna Dwipayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24052

Keywords:

Teknologi, Covid-19, Quizizz, Penyuluhan, Pelatihan

Abstract

Pendidikan dewasa ini didominasi oleh generasi yang memiliki kesadaran teknologi. Metode yang diterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat bagi siswa/siswi dan guru SMP ISLAM AL MAKIYAH Jakarta Timur ini penggunakan metode pelatihan menggunakan aplikasi quiziz dan penyuluhan .pentingnya menerapkan teknologi disekolah Penyuluhan yang dilakukan oleh TIM UNKRIS pengmas kepada Guru dan Siswa SMP AL MAKIYAH bertujuan untuk menumbuhkan semangat menerapkan teknologi disekolah di era sekarang dan yang akan datang menghasilkan antusias yang tinggi. proses pelaksanaan penyuluhan pentingnya teknologi dan pelatihan penggunaan aplikasi quizizz pada SMP AL MAKIYAH, tim pelaksana mengukur respon peserta untuk memperoleh gambaran umum pelaksanaan kegiatan. Adapun respon peserta dapat dilihat pada beberapa diagram rekap evaluasi hasil pelaksanaan Dari gambar diagram diatas memperlihatkan bahwa respon peserta terhadap kemudahan terhadap Tingkat kepuasan peserta mencapai 95 % dan kurang puas nya 5%. Hal ini menandakan bahwa keberhasilan dalam pelatihan yang dilaksanakan mencapai pada target yang di inginkan. Kemudian pada diagram Tingkat kemudahan penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dikelas mencapai 90% pada kategori puas, lalu 10% pada kategori kurang puas, dalam hal ini kita lihat bahwa keberhasilan tim PKM pun terlihat sangat jelas Pada pelaksanaan Pengabdian padaa Masyarakat yang bertema penyuluhan dan pelatihan pengguanaan aplikasi quizizz sebagai media belajar dikelas harapannya pelatihan dan penyuluhan ini dapat bermanfaat sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran di era digital saat ini.

References

Dabukke, T. A. E., Silitonga, R. D., Manik, Y. A., Sidabutar, N. N., & Purba, L. A. (2021). Transfigurasi media pembelajaran menuju generasi melek digital. Prosiding Seminar Nasional, 1(1).

Endrawati, E. A. (2022). Law Implementation for Drug Abuse: Between Prison and Rehabilitation. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(4), 31432–31443.

Fajar, M., & Larasati, C. W. (2021). Peran Financial Technology (Fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2), 702–715.

Hamzah, S., Saleh, S. N. H., & Hamzah, B. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Hipertensi Melalui Metode Penyuluhan. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 3(2), 7–13.

Herawati, S. (2023). Kajian Model Pengoperasian Angkutan Barang Darat Di Wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, & Terluar), Provinsi Papua Barat. Jurnal Kajian Wilayah Dan Kota, 2(1), 55–63.

Herawati, S., Parantika, A., & Afriza, L. (2020). Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat Desa Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1040–1048.

Kamal, M. F., & Apriani, R. (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Di Era Digital Terhadap Investasi Dan Pasar Modal. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum Dan, 9(1), 488–496.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., Arifuddin, M., Kamal, M., Erlina, M., & Yani, P. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia dan Olive dalam Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 151–156.

Mohamad, F. S. (2021). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) and the teaching of science: Determiners for professional development. Studies of Applied Economics, 39(1).

Nurafida, D., Astanto, S., Effendi, I., Tahar, S., & Wirasati, W. (2022). Penurunan Pemahaman Belajar (Learning Loss) Siswa Akibat Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 102–109.

Rahmawaty, R., & Arief, Z. A. (2020). Pengembangan modul digital pembelajaran bahasa jerman berbasis android. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 147.

Sallu, S., Qammaddin, Q., Ashari, A., & Nursamsir, N. (2023). Tinjauan Literature: Pembelajaran Digital Administrasi Publik berbasis Artificial Intelligence (AI). REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 367–380.

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.

Wulandari, R., & Prasetya, E. R. (2020). Pengaruh penerapan teknologi informasi dan profesionalisme terhadap kinerja auditor. EkoPreneur, 1(2), 202.

Zarkani, Z. (2021). KAPABILITAS WIDYAISWARA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah Widya Borneo, 4(2), 185–203.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Endrawati, E. A. ., Herawati, S. ., Hikmah, N. ., Arianti, W. ., Wahyu, M. ., & Delfima, D. (2024). PENYULUHAN PENTINGNYA PENERAPAN TEKNOLOGI DI SEKOLAH DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 103–109. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24052