PKM PEMBUATAN PUZZEL BERGAMBAR BERBASIS BUDAYA DI SMK AL WASHLIYAH 3 MEDAN

Authors

  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nomi Novianti Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sinta Dea Anggraini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Alfira Alfira Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24051

Keywords:

Pkm, Puzzel Bergambar, Budaya

Abstract

Lokasi Mitra Pengabdian di  SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan yang beralamt di JL. GARU II NO. 2 MEDAN, Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Medan. Fokus Permasalahan berdasarkan justifikasi pengusulan bersama mitra yang terkait dalam menentukan persoalan prioritas yang disepakati untuk diselesaikan selama pelaksanaan program PKM yaitu mengenai belum optimalnya kemampuan matematika peserta didik di SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan dalam pembelajaran bermakna yang menyangkutkan dengan kebudayaan serta belum optimalnya guru dalam membuat media pembelajaran seperti Puzzel bergambar berbasis budaya. Solusi yang ditawarkan adalah PKM Pembuatan Puzzel Bergambar Berbasis Budaya Di SMK Al Washliyah 3 Medan.Solusi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mitra dengan memberikan sosialisasi tentang penyelenggaraan pembelajaran bermakna diharapkan akan memberikan peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan  di SMK Al Washliyah 3 Medan. Hasil Kegiatan dideskripsikan berdasar hasil analisis penilaian  dari  33 guru yang mengikuti kegiatan pengabdian terdapat sebesar 57,57  %  atau 19 orang yang menyatakan “Sangat Baik”, sebesar 12 orang atau 36,36 % menyatakan “baik” dan  sebesar 18,18 % atau 6 orang menyatakan cukup baik. Pelatihan ini yang didukung dengan beberapa indikator bahwa kegiatan pengabdian yang diselenggarakan dapat diikuti dengan lancar, penuh pemahaman  serta meningkatkan  keterampilan guru dalam membuat Puzzel Bergambar berbasis budaya. Namun masih ada beberapa guru yang mengikuti kegiatan pengabdian membutuhkan pendampingan dalam pemahaman pembuatan Puzzel Bergambar berbasis budaya. Hal ini disebabkan ada beberapaguru tersebut yang usianya sudah tidak muda, tidak memahami mengenai IT dan beberapa alas an lainnya.

References

Nuraini, L. (2022). Integritas Nilai kearifan local dalam pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan matematika (Kudus). 1(2)

Sunandar, M.A. (2017, February). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. InPrisma, Prosiding Seminar nasional Matematika (pp. 95-105)

Sari, D.N dkk. (2023). PKM Pengembangan Perangkat Ajar Berbasis Budya Bagi Guru SMK Swasta Pangeran Antasari Labuhan Deli. Coumuniti Developmen Journal. 4(2)

Harahap, I. H., & Sari, D. N. (2023). Application of Realistic Mathematics Education (RME) To Improve The Students’ Mathematical Communication Ability. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 598-606.

Harahap, I. H., Armanto, D., & Sari, D. N. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Edmodo Selama Masa Pandemik Covid 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 312-323.

Sari, D. N., & Saragih, N. A. (2020, November). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS BUDAYA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 3, No. 1, pp. 318-323)

Sari, D. N., & Azmi, N. (2020). Application of Cultural Based Discovery Method to Increase The Mathematical Solution Ability of Academic Year Students 2019/2020. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 45-50.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Harahap, I. H. ., Sari, D. N. ., Novianti, N. ., Anggraini, S. D. ., & Alfira, A. (2024). PKM PEMBUATAN PUZZEL BERGAMBAR BERBASIS BUDAYA DI SMK AL WASHLIYAH 3 MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 97–102. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24051