PKM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENGEMBANGKAN INDEPENDENCE LEARNING MAHASISWA UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24050Keywords:
PKM, Universitas Harapan, Teknologi Komunikasi, Independence LearningAbstract
Lokasi Mitra Universitas Harapan Medan (UNHAR) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Sumatera Utara. Fokus permasalahan penggunaan teknologi belajar mandiri pada mahasiswa Universitas Harapan Medan adalah 1) kurang memadainya kompetensi mahasiswa dalam memahami dan menggunakan teknologi komunikasi dalam pembelajaran, 2) kurang optimalnya kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam menggunakan teknologi komunikasi dalam pendidikan. dan keterampilan mahasiswa, 3) kurangnya keterampilan dalam penggunaan teknologi komunikasi, 4) kurangnya pemahaman penggunaan teknologi komunikasi di kalangan siswa. Usulan Solusi Berdasarkan analisis situasi dan analisis permasalahan mitra yang dibahas, maka solusi yang diusulkan adalah: PKM pemanfaatan teknologi komunikasi online bagi mahasiswa Universitas Medan Harapan. Solusi yang ditawarkan mematuhi mitra; kebutuhan dengan memberikan informasi penggunaan teknologi informasi komunikasi online untuk mendukung proses perkuliahan dan membangun keterampilan cerdas mahasiswa dalam menggunakan teknologi informasi komunikasi untuk mendukung mahasiswa dan pengembangan pribadi. Hasil operasi digambarkan menurut penilaian mahasiswa Universitas Harapan mengenai Idependence Learning adalah baik, terlihat dari jumlah item berkategori baik sebanyak 13 item, 2 item cukup baik, 1 item kurang baik dan 9 item menyatakan sangat baik. Dengan demikian, pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan di Universitas Harapan berjalan dengan baik dan mendapat feedback yang baik dari mahasiswa dan dekan yang bersedia dari awal hingga akhir.References
A, Arsyad. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas & PT. Raja Grafindo Perkasa
Andri, A., Julizal, J., Prasetya, R., & Hidayatullah, R. S. (2022). PKM Pemanfaatan Information and Communication Technology (ITC) Dalam Pembelajaran di SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 26-34
Anggraeni, L., & Muslihudin, M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pendukung Belajar Siswa Dan Penggunaan Internet Sehat. JIKMAS
Bakar, R. M., & Syam, R. PKM Peningkatan Keterampilan Pengajaran Bagi Dosen Unismuh Makassar Melalui Pelatihan Attractive Learning Strategy.
Castles, Angela. "Canva gets physical with 'Canva Print' to cement US foothold". SmartCompany. Diakses tanggal 5 Oktober 2023
Haryadi, R. N., Yusup, A. M., Utarinda, D., Mustika, I. A., Sandra, D., & Rokhmawati, D. U. (2022). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di Masa Pandemi Covid-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(2), 110-115
Lancet, Yaara; Zukerman, Erez (7 November 2023). "Canva review: Free tool brings much-needed simplicity to design process". PC World. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Desember 2023.
Perez, Sarah (26 Agustus 2023). "Canva Launches A Graphic Design Platform Anyone Can Use". Tech Crunch'. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 September 2023.
Rusi, I., Lailiya, M., & Riyadi, D. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Generasi Muda dalam Etika Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 830-840.
Reuter, Dominick. "5 apps entrepreneurs can use right now". Business Insider. How much it costs: Pro, $120/year per user; Enterprise, $360/year per user; free and discounted accounts available for nonprofits and educators.
Swallow, Erica (18 November 2023). "Canva Makes Great Design More Accessible". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Agustus 2023.
Universitas Harapan, (10 Desember 2023), https://www.bacapintar.com/universitas-harapan-medan/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Novita Sari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.