PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN PENCATATAN AKUNTANSI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KELURAHAN BABAKAN SURABAYA BANDUNG

Authors

  • Dikdik Maulana Universitas Sangga Buana YPKP
  • Wenti Frisca Septiani Putri Universitas Sangga Buana YPKP
  • Bambang Rustandi Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23996

Keywords:

Sistem Informasi, Pencatatan Akuntansi, Taman Kanak;Kanak

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada organisasi nirlaba yaitu Taman Kanak-kanak di Kelurahan Babakan Surabaya Bandung dengan alasan bahwa pendidikan Taman Kanak-kanak sudah semakin berkembang namun pelaksanaannya masih banyak yang belum berpedoman pada prosedur dan laporan keuangan yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar akuntansi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagi para penyelenggara di bidang pendidikan tentang pentingnya penerapan sistem akuntansi pendidikan dalam rangka penyampaian akuntabilitas keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah data deskriptif yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen dan referensi terkait. Dari penelitian disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi telah dibentuk sesuai dengan kebutuhan dari sekolah taman kanak-kanak di Keluarahan Babakan Surabaya, dengan melengkapi prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, akan memudahkan menjalankan kegiatan operasional sekolah dalam memilah penerimaan dan pengeluaran kas. Permasalahan pada pencatatan, pengeluaran kas nya yaitu menggunakan aplikasi pencatatan akuntansi yang diusulkan, SIAPIK yang berbasis Web menjadi solusi yang ditawarkan tim pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan solusi pencatatan akuntansi keuangan, setelah tim mengidentifikasi Prosedur yang perlu diadakan di TK Babakan Surabaya.

References

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022), Permendikbud 32 Tahun 2022 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan. Jakarta.

Akbar R. (2019) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Taman Kanak-Kanak. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2021). Permendikbud 6 Tahun 2021 tentang Juknis Pengelolaan Dana Bos Reguler. Jakarta.

Sigit H dan Amirullah. (2016) Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Sidoarjo.

Mannan F. (2018) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’Iyah Nurul Huda Mergosono Malang. Energies. 2018; 6 (1): 1–8. Tersedia pada: http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Maulana, D. ., Putri, W. F. S., & Rustandi, B. . (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN PENCATATAN AKUNTANSI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KELURAHAN BABAKAN SURABAYA BANDUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23996