PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN DESIGN POSTER PADA SIWA KELAS XI MAN 1 SIDRAP

Authors

  • Nurul Faradillah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Sam Hermansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Aksan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Kamal Kamal Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Yunan Firdaus Sutarna Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Aulia Pramudita Amalia Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23976

Keywords:

Desain Grafis, Poster,Canva, Kreatifitas Siswa

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah berkembang sangat pesat dan hampir telah mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Dalam era teknologi informasi ini ditandai dengan kecepatan dan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Media grafis atau yang sering disebut sebagai media visual, merupakan salah media yang banyak digemari oleh banyak orang, selain untuk dunia bisnis bahkan untuk dunia pendidikan untuk nilai edukasi, sehingga tujuan dalam pelatihan ini untuk meningkatkan untuk meningkatkan kreativitas siswa MAN 1 Sidrap terutama pada pembutan design poster edukasi siswa juga bisa, adapun aplikasi yang dipelajari yaitu canva. Pelatihan ini dilaksanakan salama satu hari, dengan melibatkan Kelas XI IPA siswa MAN 1 Sidrap. Selama pelaksanaan kegiatan siswa sangat antusias melaksanaan dan mengikuti kegiatan, karena mereka mendapatkan pengalaman baru dan memahami pemanfaatan aplikasi canva yang sudah diajarkan. Pengetahuan yang didapat saat pelatihan diharapkan dapat berguna bagi siswa dalam jangka pendek maupun jangka panjang, yaitu dalam ruang lingkup kehidupan siswa yang lebih luas kedepannya.

References

Fuadiputra, I. R., Parwati, K. Y., & Fitriasari, M. F. (2022). Pendampingan Metode Pembalajaran Kewirausahaan Dengan Sistem Bisnis Model Canvas Pada SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdian Manajemen, 1(2), 64.

https://doi.org/10.30587/jpmanajemen.v1i2.3413

Gunawan, W. Ben, & Rachmani, M. (2022). Pelatihan Soft Skill sebagai Strategi Eskalasi Promosi UMKM di Desa Eko–Eduwisata Kandri dan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 34–38. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21009

Monitasari, L. (2021). Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.

Oktaviana Vince Mete, R. A. (2021). Pelatihan Desain Grafis Untuk Menunjang Kreatifitas Siswa Sma

Negeri 1 Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119– 131. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441

Setya Resmini, I. S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan

Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris . Abdimas Siliwangi .

Sukoco, dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Peserta

Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 2, 215-226.

Silvia Djonnaidi, N. W. (2021). Pengaruh Media Poster Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa

Pandemi Terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa . JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) .

Yana Adharani, R. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing

pada Klinik Kesehatan . semnaskat.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Faradillah, N. ., Hermansyah, S. ., Yusmah, Y., Aksan, M. ., Kamal, K., Firdaus Sutarna, Y. ., & Pramudita Amalia, A. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN DESIGN POSTER PADA SIWA KELAS XI MAN 1 SIDRAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 432–434. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23976