SERVICE LEARNING: OTOMASI INDUSTRI MENGGUNAKAN ROBOT LEGO DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Afit Miranto Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Asrofi Institut Teknologi Sumatera
  • Purwono Prasetyawan Institut Teknologi Sumatera
  • Nia Saputri Utami Institut Teknologi Sumatera
  • Setiadi Wira Buana Institut Teknologi Sumatera
  • Arif Kurnia Ramadhan Institut Teknologi Sumatera
  • Muhammad Qaessar Kartadilaga Institut Teknologi Sumatera
  • Yusuf Naufal Institut Teknologi Sumatera
  • Erdyvania Apritrycia Institut Teknologi Sumatera
  • Mona Ratu Oscar Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Robotika, Service Learning, Teknologi.

Abstract

Kemajuan teknologi disaat ini terus menjadi berkembang dengan cepat. Robotik merupakan salah satu fakta perkembangan teknologi yang banyak dikembangkan di negara maju, seperti Jepang, Amerika, ataupun negara yang lain. Adanya teknologi robotik memberikan dampak yang besar pada kegiatan manusia. salah satu contoh nyata pemakaian robotik seperti industri atau pabrik yang telah memakai teknologi robotik. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan service learning. Hal ini bermaksud untuk meningkatkan semangat belajar serta mendukung keahlian yang berhubungan dengan teknologi era saat ini khususnya di aspek keilmuan robotik dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu dengan media Robot Lego. Pada prosesnya pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menguji kemampuan awal siswa melalui pretest sebelum dilakukannya pelatihan, kemudian penyampaian materi dilanjutkan oleh dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab terkait materi robotika. Setelah itu dilanjutkan praktik merakit Robot Lego sederhana yang telah disiapkan dan dilakukan proses perakitan dan pengujian sistem robot. Hal terakhir yaitu pengukuran hasil akhir setelah dilakukan pelatihan melalui post test. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan, pemahaman terhadap teknologi dan robot meningkat dari 60.30 % menjadi 91.33%. Peserta sangat antusias dan memiliki keinginan untuk mendalami pelajaran tentang robotika lebih lanjut. Sehingga dapat disimpulkan pelatihan ini menarik minat siswa-siswi untuk belajar, dan perlu dilakukan kegiatan serupa guna keberlanjutan.

References

Arirohman, I. D., Yunesti, P., Wicaksono, R. M., Harahap, A. B., Miranto, A., Arysandi, D., Fatmawati, Y., & Wahab, R. R. (2021). Pemanfaatan Panel Surya sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kampung Wisata Agrowidya, Rajabasa Jaya, Lampung. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2 SE-Artikel), 365–372. https://doi.org/10.54082/jamsi.131

Asrofi, M., Sumardi, S., & Setiyono, B. (2015). Stabilisasi Robot Berkaki 6 (Hexapod) Pada Bidang Miring Menggunakan 9 DOF IMU Berbasis Invers Kinematic. Dalam Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro (Vol. 4, Nomor 1, hlm. 97–105). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=POkechwAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=POkechwAAAAJ:u-x6o8ySG0sC

Faridawati, F., Minarto, E., Wati, I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). PEMBELAJARAN ROBOTIK UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?: Teknologi dan Aplikasi), 1, 85. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826

Fleck, B., Hussey, H. D., & Rutledge-Ellison, L. (2017). Linking Class and Community. Teaching of Psychology, 44(3), 232–239. https://doi.org/10.1177/0098628317711317

Pramanik, P., Achmadi, M., & Nasution, D. (2022). Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 1. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.43

Purwono Prasetyawan, Yopan Ferdianto, Syaiful Ahdan, & Fika Trisnawati. (2018). Pengendali Lengan Robot Dengan Mikrokontroler Arduino Berbasis. Jurnal Teknik Elektro, 7(2 SE-Artikel), 104–109. https://doi.org/10.21063/JTE.2018.3133715

Setyowati, E., Permata, A., Mata, K., Humaniora, K., Kristen, U., & Wacana, D. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Nomor 2). https://serc.carleton.

Surya Akbar Gumilang, Y., Rozaq, A., Sonalitha, E., Rabi, A., Sumarahinsih, A., & Aditya Rizky Fahreza, M. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Robot Lego pada Siswa Sekolah Menegah Pertama Sebagai Implementasi Pembelajaran STEM di Sekolah. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60811

Zamisyak, O., Sariyatul, I., Zahra, N., Nur, I. P., & Briliyan, S. A. (2016). Educational multifunction robot. 100–111.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Miranto, A. ., Asrofi, M. ., Prasetyawan, P. ., Utami, N. S., Buana, S. W. ., Ramadhan, A. K. ., Kartadilaga , M. Q. ., Naufal, Y. ., Apritrycia, E. ., & Oscar, M. R. . (2023). SERVICE LEARNING: OTOMASI INDUSTRI MENGGUNAKAN ROBOT LEGO DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13588–13593. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23846