PELAKSANAAN KONSELING PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PSIKOLOGI PASANGAN PENGANTIN ANGGOTA POLRI DI POLDA SUMATERA SELATAN

Authors

  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma
  • Alvian Dedy Tama Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23797

Keywords:

Konseling, Konseling Pranikah, Konseling Pranikah Polri, Kematangan Psikologi

Abstract

Konseling merupakan kegiatan dimana semua fakta dikumpulkan dan semua pengalaman-pengalaman difokuskan pada masalah-masalah tertentu untuk diatasi sendiri oleh orang yang bersangkutan dalam hal ini adalah konseling, Bimbingan ini menjadi sangat penting karena penikahan bukanlah bersatunya laki-laki dan perempuan saja, tapi lebih dari itu memiliki makna ibadah yang luar biasa besar pahalanya Bimbingan pranikah yang diberikan ini tidak hanya dari sudut pandang agama Islam tapi juga ilmu-ilmu pemberdayaan diri yang disesuaikan dengan perkembangan zaman metode yang digunakan dalam pelaksanaan konseling pranikah di biro sdm polda sumsel yaitu menggunakan metode ceramah dengan menggunakan metode ceramah mampu lebih mudah dipahami. Konseling pranikah sangatlah penting sebagai wahana membimbing dua orang yang   berbeda untuk saling berkomunikasi, belajar menyelesaikan masalah dan mengolah konflik. Pasangan muda sangat membutuhkan bimbingan terutama untuk memperjelas harapan harapan mereka pada pernikahannya dan memperkuat hubungan sebelum menikah. Peranan konseling pranikah sangat terkait dengan tujuan pernikahan yaitu dalam hal mewujudkan keluarga yang sakinah sesuai dengan tuntunan agama Islam, dengan adanya konseling pranikah sangat membantu calon pengantin dalam mempersiapkan kehidupan baru baik fisik maupun psikologis.

References

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Putri, A. S. (2023). Bimbingan Pranikah Dalam Meningkatkan Kematangan Psikologis Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kedawung (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI).

Pramestika, S. A. (2023). KONSELING CALON PENGANTIN DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Gunungkidul) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Mu'idah, S. (2023). Implementasi Bimbingan Pra Nikah dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga di KUA Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Itryah, I., & Ananda, V. (2023). Persiapan Pernikahan dengan Pendekatan Psikologis di Kelurahan 8 Ulu Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 759-766.

Nasution, F., Adella, M., Walidaini, I., Harahap, M., & Marselina, L. (2024). Pendidikan Remaja Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Peran Guru Bimbingan Konseling. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 39-47.

Putri, N. K. F., Oktarisya, D., & Atiqah, F. (2023). Pentingnya Kesiapan Psikologi dan Agama Untuk Menjalani Pernikahan. Islamic Education, 1(3), 521-526.

Triningtyas, D. A., & Muhayati, S. (2017). Konseling pranikah: sebuah upaya meredukasi budaya pernikahan dini di kecamatan pulung kabupaten ponorogo. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 28-32.

Aminarsih, R. (2023, November). Konseling Pranikah Dalam Upaya Mereduksi Angka Pernikahan Dini Di Kabupaten Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 1056-1067).

Pitrotussaadah, P. (2022). Konseling Pranikah untuk Membentuk Keluarga Sakinah dan Menekan Angka Perceraian. Jurnal Perspektif, 6(1), 25-40.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Hurriyati, D. ., & Tama, A. D. . (2024). PELAKSANAAN KONSELING PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PSIKOLOGI PASANGAN PENGANTIN ANGGOTA POLRI DI POLDA SUMATERA SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 517–520. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23797